Ini Dia Bahan Rahasia Lukisan Legendaris Leonardo da Vinci

263
Ini Dia Bahan Rahasia Lukisan Legendaris Leonardo da Vinci

Brava Listeners, belum lama ini studi terbaru menemukan rahasia bahan lukisan legendaris dari Leonardo da Vinci dalam karyanya seperti Mona Lisa, Salvator Mundi dan lainnya.

Bahan rahasia tersebut ialah campuran kuning telur dalam cat minyak. Diungkapkan bahwa bahan tersebut diyakini dapat membantu lukisan tahan terhadap kelembapan dan untuk mencegah kerutan dan kekuningan.

Ini Dia Bahan Rahasia Lukisan Legendaris Leonardo da Vinci

Menurut studi yang diterbitkan di jurnal Nature Communication bahan rahasia tersebut dapat meningkatkan pelestarian karya seni yang tak ternilai harganya.

Sebelumnya, residu protein telah diketahui terdeteksi dalam karya-karya da Vinci dan sejumlah seniman terkenal, seperti Sandro Botticelli dan Rembrandt.

Kini, penelitian juga menunjukkan bahwa protein tersebut berasal dari yang dimasukkan ke dalam lukisan dengan sengaja.

Lebih lanjut para ahli menemukan penambahan telur ke dalam lukisan cat minyak bertindak sebagai antioksidan, memperlambat proses pengawetan.”Dengan kata lain, kombinasi ini membantu menghentikan cat dari kerusakan.

Ini Dia Bahan Rahasia Lukisan Legendaris Leonardo da Vinci“Hanya ada sedikit sumber tertulis tentang hal ini, dan tidak ada karya ilmiah yang pernah dilakukan sebelumnya untuk menyelidiki subjek ini secara mendalam,” kata Ophélie Ranquet, penulis studi dari Institut Teknik dan Mekanika Proses Mekanik di Institut Teknologi Karlsruhe di Jerman, dikutip dari CNN.

Baca Juga: Menu Buka Puasa yang Bisa Turunkan Kolestrol Tinggi

“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa bahkan dengan jumlah kuning telur yang sangat sedikit, Anda bisa mendapatkan perubahan sifat yang luar biasa pada cat minyak, yang menunjukkan bagaimana hal itu mungkin bermanfaat bagi para seniman,” tambahnya.

Lebih lanjut, para seniman terkenal menambahkan kuning telur ke dalam jenis cat yang pertama kali muncul pada abad ketujuh di Asia Tengah sebelum menyebar ke Eropa Utara pada Abad Pertengahan dan Italia pada masa Renaisans.