Israel Deklarasi Perang, Pertama Kali Sejak 50 Tahun

93
Israel Deklarasi Perang, Pertama Kali Sejak 50 Tahun

Baru-baru ini dunia dihebohkan dengan kabar Israel yang deklarasi perang. Ini pertama kali sejak 50 tahun lalu saat 1973 perang Yom Kippur.

Pada Sabtu (7/10), pemerintah Israel secara resmi dan terbuka mendeklarasikan perang terhadap kelompok militan Palestina, Hamas. Hal tersebut terjadi usai Israel digempur lewat serangan darat, udara, dan laut pada Sabtu (7/10) lalu.

Israel Deklarasi Perang, Pertama Kali Sejak 50 Tahun

Benjamin Netanyahu selaku Perdana Menteri Israel bersumpah akan melakukan pembalasan dan menyebut negaranya akan melakukan “balas dendam besar” dan bersiap untuk “perang yang panjang dan sulit”.

Hingga Minggu (8/10), dilaporkan setidaknya 700 orang di Israel tewas dan lebih dari 2.000 orang terluka akibat serangan Hamas. Sementara itu di Gaza, lebih dari 400 warga Palestina tewas dalam serangan udara Israel di wilayah padat penduduk tersebut.

Israel Deklarasi Perang, Pertama Kali Sejak 50 Tahun

Lebih lanjut, pernyataan perang Israel yang disepakati oleh kabinet hanya beberapa jam usai diserang Hamas pada Sabtu (7/10) kembali mengingatkan pada insiden perang 50 tahun lalu.

Kala itu terjadi Perang Yom Kippur yang berlangsung pada 6 – 26 Oktober 1973, merupakan perang antara Israel dengan negara-negara Arab yang dipimpin oleh Suriah dan Mesir.

Mengutip dari Al Jazeera, Perang Yom Kippur atau yang juga dikenal Perang Arab-Israel tahun 1973, dimulai dari serangan dua arah atas Israel oleh Suriah dan Mesir.

Baca Juga: Selain AI, Nanobot Dianggap Jadi Ancaman Dunia

Mesir dilaporkan menyerang dari arah selatan untuk merebut kembali Semenanjung Sinai. Sementara Suriah menyerbu dari arah utara untuk merebut kembali Dataran Tinggi Golan.

Bagaimana tanggapan Anda terkait deklarasi perang Israel ke pasukan militan Palestina, Brava Listeners?