Italia Akan Bangun Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia Sepanjang 3,2 KM

182
Italia Akan Bangun Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia Sepanjang 3,2 KM

Italia akan segara mewujudkan rencana untuk membangun jembatan gantung terpanjang di dunia. Jembatan tersebut akan membentang sepanjang 3,2 kilometer.

Jembatan terpanjang di dunia akan dibangun dengan menghubungkan daratan Italia ke Pulau Sisilia dengan melintasi Selat Messina. Proyek ini sebenarnya sudah ada sejak zaman Romawi.

Rencana ini awalnya berawal dari ide membuat terowongan bawah air datang dan pergi, seperti air di Selat Messina. Namun, hingga kini belum ada yang merealisasikan impian tersebut.

Pada bulan lalu akhirnya pemerintah Giorgia Meloni telah memutuskan proyek jembatan gantung terpanjang di dunia. Hal tersebut terjadi setelah Menteri Transportasi Italia, Matteo Salvini, menghidupkan kembali rencana yang telah diajukan saat Silvio Berlusconi ketika jadi perdana menteri.

Italia Akan Bangun Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia Sepanjang 3,2 KM

Direktur teknik WeBuild, Michele Longo, telah melakukan pembicaraan mengenai rencana jembatan tersebut. Ia telah diundang ke parlemen untuk mewujudkan kembali rencana ini.

“Jembatan di atas Selat Messina adalah proyek yang bisa segera dilakukan. Segera setelah kontrak dipulihkan dan diperbarui, proyek dapat dimulai.” ujar Michele Longo kepada parlemen.

Baca Juga: 72 Negara Ini Bebaskan Visa Bagi Pelancong Indonesia

Rancangan eksekutif diperkirakan memakan waktu delapan bulan, sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk membangun jembatan akan sedikit lebih dari enam tahun,” ucapnya.

Diungkap oleh Kementerian Perhubungan Italia, proyek besar ini akan memakan biaya sebesar 4,5 miliar euro atau sekitar Rp72,4 triliun. Sementara untuk infrastruktur pendukung di kedua sisi membutuhkan dana 6,75 miliar euro Rp108 triliun.