Jakarta Masuk 10 Besar Kota Terpolusi Udara Tahun 2023

243
Jakarta Masuk 10 Besar Kota Terpolusi Udara Tahun 2023

Perusahaan teknologi kualitas udara Swiss, IQAir, mengeluarkan deretan kota paling terpolusi udara di dunia tahun 2023. Jakarta masuk 10 besar dalam daftar tersebut.

Dilansir laman IQAir, Jakarta menduduki urutan ke-9 dengan poin 151. Kualitas udara di Jakarta masuk dalam kategori Unhealthy atau tidak sehat.

Saat ini konsentrasi PM2.5 di Jakarta 11,2 kali dari nilai pedoman kualitas udara tahunan WHO. PM2.5 berdasarkan pada materi khusus mikroskopis berdiameter 2,5 atau kurang dengan dampak merugikan untuk kesehatan manusia serta lingkungan.

Jakarta Masuk 10 Besar Kota Terpolusi Udara Tahun 2023

Beberapa faktor yang menyebabkan polusi udara di Jakarta tidak sehat, seperti emisi kendaraan, emisi pabrik,  hingga pembakaran terbuka bahan organik. Tingginya polutan juga disebabkan akibat jalananyang  dipenuhi oleh motor, mobil, dan truk, yang kerap tidak sesuai aturan kendaraan ramah lingkungan menimbulkan tingginya nitrogen dioksida dan sulfur dioksida.

Sementara itu, peringkat pertama sebagai kota paling terpolusi udara di dunia ditempati Chiang Mai, Thailand. Kualitas udara kota Chiang Mai masuk dalam kategori ‘tidak sehat’.

Baca Juga: Apple Resmikan Pay Later, Tak Kenakan Bunga!

Berikut daftar 10 kota paling terpolusi udara di dunia versi IQAir:

  1. Chiang Mai, Thailand
  2. Lahore, Pakistan
  3. Delhi, India
  4. Wuhan, China
  5. Beijing, China
  6. Kathmandu, Nepal
  7. Shenyang, China
  8. Incheon, Korea Selatan
  9. Jakarta, Indonesia
  10. Busan, Korea Selatan