Jelang Piala Dunia U-20, FIFA Akan Pasang VAR di 6 Stadion Indonesia

131
Jelang Piala Dunia U-20, FIFA Akan Pasang VAR di 6 Stadion Indonesia

Indonesia sebentar lagi akan menyelenggarakan event akbar, yakni Piala Dunia U-20. Diungkap oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir, sebanyak enam stadion di Indonesia akan dipasangkan VAR oleh FIFA.

Enam stadion di Indonesia, yaitu Stadion Gelora Bung Karno, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Gelora Bung Tomo, Stadion Gelora Sriwijaya dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, akan jadi tuan rumah untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20.

Erick Thohir mengatakan pemasangan VAR oleh FIFA ini menjadi kesempatan untuk Indonesia agar langsung membeli VAR tersebut. Nantinya, VAR ini dapat digunakan keenam stadion tersebut untuk Liga 1 Indonesia atau timnas.

“FIFA akan memasang VAR di enam stadion, itu yang kita tunggu-tunggu, ya siapa tau rezeki anak saleh, kalau VAR-nya sudah terpasang siapa tahu kita bisa langsung beli, daripada dicopot beli lagi lalu dipasang lagi, ini kalau bisa ya,” ungkap Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Baca Juga: Tak Terima Al Nassr Kalah, Cristiano Ronaldo Luapkan Emosi Hingga Tendang Botol

Jelang Piala Dunia U-20, FIFA Akan Pasang VAR di 6 Stadion Indonesia

Erick Thohir sendiri sebelumnya telah menjanjikan akan menerapkan teknologi VAR di Liga 1. Ia menyoroti keputusan wasit yang kerap menimbulkan kontroversi kketik memimpin pertandingan.

VAR atau Asisten Wasit Video merupakan asisten wasit sepak bola yang memperlihatkan rekaman video pertandingan serta headset sebagai alat komunikasi. Hal tersebut berguna untuk meminimalisasi kesalahan dari wasit yang berpengaruh besar terhadap hasil pertandingan.