Keju termahal di dunia

52

Keju sangat banyak digemari di dunia. Berbagai jenis makanan sangat cocok dipadupadankan dengan keju. Seperti yang sedang kekinian, ayam dilumuri keju sedang menjadi tren kuliner.

Namun, keju memiliki bahan yang berbeda-beda. Dan beberapa keju memiliki bahan yang memiliki kualitas tinggi, membuat keju tersebut terbilang mahal dibandingkan keju lainnya.

Berikut ini adalah enam keju termahal di dunia!

1. Caciocavallo Podolico

Keju ini dihargai 42-50 USD atau sekitar Rp 561.000-667.000 per 453 gram. Keju ini sebenarnya dibuat dari susu sapi keturunan Italia yang langka bernama Podolica. Sapi ini hanya disusui 2 bulan di awal musim panas. Proses pengolahan membuat keju Caciocavallo Podolico terasa mirip provolone.

2. Bitto Storico

Keju Bitto Storico dibuat dari kombinasi susu kambing orbic dan susu sapi cokelat asal Swedia. Biasanya disimpan hingga 10 tahun sehingga rasanya legit dan natural. Keju langka Italia ini harganya 125-150 USD per 453 gram atau sekitar Rp 1,6-2 juta.

3. Kreasi eksklusif keju cheddar Wyke Farms

Tak heran keju eksklusif buatan Wyke Farms ini dihargai 200 USD (Rp2,6 juta) per 453 gram. Bukan hanya susu sapi, keju cheddar ini dipadukan dengan daun emas dan jamur white truffle dari Prancis. Meski begitu, keju ini tak dijual umum melainkan ditempatkan di Frome Cheese and Agricultural Show, Somerset beberapa tahun lalu.

4. Moose

Keju moose hanya bisa ditemui di Elk House di Bjursholm, Swedia. Merupakan keju artisan yang dibuat dari susu rusa Amerika Utara. Harganya 300-445 USD per 453 gram atau sekitar Rp 4-6 juta.

5. White Stilton Gold

Keju ini mendapat predikat keju paling “bling” di Inggris karena dibuat dengan daun emas sungguhan. Keju juga dicampur liqueur emas sehingga harganya mencapai 420-450 USD atau sekitar Rp 5,6-6 juta per 453 gram.

6. Pule

Bahan istimewa membuat keju Pule berharga selangit yaitu 550-600 USD per 453 gram atau sekitar Rp 7,3-8 juta. Keju Pule dibuat dari susu keledai Balkan yang hanya ada di Serbia.

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini. [teks Gabriella Sakareza / sumber detik.com | foto tes.com]

Baca juga:
Berkemah dan bakar lemak
Nutrisi penopang aktivitas olahraga Anda
5 negara seru untuk solo traveling

Share it