Kisah Bakul Jamu Gendong Mendunia, Muncul di Vogue!

556
Kisah Bakul Jamu Gendong Mendunia, Muncul di Vogue!

Minuman sekaligus obat tradisional asal Indonesia, Jamu tiba-tiba menjadi sorotan dunia usai majalah kenamaan asal Amerika Serikat, Vogue mengangkat kisah bakul jamu gendong.

Bakul jamu gendong yang biasa dibawa oleh perempuan dari Indonesia menjadi tema khusus dari Vogue yang mengangkat kisah sosok perempuan nusantara yang setia melestarikan jamu dari generasi ke generasi.

Kisah Bakul Jamu Gendong Mendunia, Muncul di Vogue!

Lebih dari sekadar minuman, jamu juga merupakan minuman herbal yang mendukung kesehatan tubuh. Metta Murdaya, penulis dan pendiri Juara Skincare yang berbasis di New York, dalam wawancara dengan Vogue menyebut jamu memberikan akses menuju sehat.

“Jamu adalah segala tentang kesehatan yang mudah diakses, dan itulah yang membuatnya begitu ampuh; itu bukan sekadar minuman, itu adalah konsep untuk merawat diri,” kata Metta seperti dikutip dari unggahan Instagram Vogue.

View this post on Instagram

A post shared by Vogue (@voguemagazine)

Vogue juga merangkum racikan jamu yang berbeda di tiap daerah. Kemudian memberikan nukilan kisah jamu di masa lalu.

Baca Juga: Opel Corsa Moon II Jadi Mobil untuk Eksplorasi Bulan

Dahulu menjual jamu dilakukan dengan cara digendong, sehingga disebut jamu gendong. Mbok jamu, sebutan yang kerap ditujukan pada penjual jamu, menggendong bakul dari bambu dengan kain panjang. Bakul bambu ini berisi sekitar 12 botol jamu.

Jamu gendong sudah bertransformasi lebih modern menggunakan motor. Botol-botol jamu diletakkan di wadah kotak dari kayu yang ditempatkan di separuh jok belakang.

Kapan terakhir kali Anda mengonsumsi jamu gendong Brava Listeners?