Kisah Dramatis Rekor Penerbangan Terlama di Dunia Tanpa Mendarat

227
Kisah Dramatis Rekor Penerbangan Terlama di Dunia Tanpa Mendarat

Tahukah Brava Listeners bahwa rekor penerbangan terlama dan tanpa mendarat di dunia tercipta 64 tahun yang lalu?

Kala itu ada dua pilot yang menghabiskan waktu di udara selama 64 hari, 22 jam, dan 19 menit tanpa mendarat.

Robert Timm dan John Cook menjadi pilot yang terbang dengan pesawat empat tempat duduk. Mereka menghabiskan waktu di langit Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat dan melakukan semua hal di pesawat kecil Cessna 172.

Kisah Dramatis Rekor Penerbangan Terlama di Dunia Tanpa Mendarat

Aksi dimulai pada 1956 bertujuan untuk publisitas bombasti saat pembukaan hotel dan kasino Hacienda di Las Vegas Strip. Kemudian untuk mengalahkan rekor penerbangan terpanjang yang sudah ada yakni 47 hari.

Seperti dilansir dari Mirror, Timm diberi US$100 ribu untuk menyelesaikan perjalanan. Di masa sekarang, uang itu bisa bernilai hingga US$1 juta.

Timm memodifikasi Cessna 172 dengan membuang elemen yang tak berguna lalu menambahkan elemen yang diperlukan selama di udara. Dirinya juga menambahkan wastafel dan kasur, lalu menambahkan sistem autopilot.

Kisah Dramatis Rekor Penerbangan Terlama di Dunia Tanpa Mendarat

Kemudian Timm menambahkan tangki yang bisa diakses lewat selang dari truk. Truk akan melaju bersamaan dengan pesawat yang terbang di atas ketinggian tertentu.

Baca Juga: Ini Saran Kominfo Agar Terhindar Dari Modus Penipuan Undangan Nikah

“Itu benar-benar pertunjukan dramatis dari pesawat, karena mereka kadang-kadang harus melakukannya di malam hari dan itu membutuhkan ketelitian terbang,” kata Bednarek seperti dikutip dari CNN.

Tidak semudah itu, sebelumnya Timm harus menelan kegagalan dalam tiga upaya pertamanya. Pesawat mengalami kerusakan mekanis dan ‘rekor’ hanya dicapai 17 hari. Kegagalan tersebut semakin bertekad saat ada rekor baru selama 50 hari dua tahun kemudian.

Hingga akhirnya, pada 4 Desember 1958, keduanya berangkat dari bandara McCarran di Las Vegas. Selama penerbangan, mereka bergantian mengemudikan pesawat dan istirahat. Brava Listeners.