Latihan Outdoor Penghilang Kejenuhan

191

Agar tidak bosan dan tetap menyenangkan, sesekali lakukan olahraga di luar ruang. Berikut ini list olahraga outdoor yang bisa Brava Listeners lakukan.

Dengan melakukan kardio di luar ruang, Anda bukan hanya akan mendapatkan udara segar dan medan bervariasi yang memaksa lebih banyak kelompok otot bekerja, tapi juga suasana baru yang tidak membosankan. Ada berbagai pilihan latihan kardio outdoor yang dapat Anda lakukan. Apapun pilihannya, hal terpenting yang tak boleh Anda lupakan adalah faktor keselamatan diri.

1. Running Stairs
Kardio pertama yang menjadi list Anda berlatih outdoor adalah lari naik turun tangga atau yang sering disebut bleacher runs. Kardio ini adalah cara yang paling bagus untuk melatih otot paha depan dan bokong sementara Anda membakar lemak dengan cepat. Dijamin, latihan ini akan lebih menarik daripada hanya menggunakan stair mill di gym. Kelebihan lainnya adalah Anda dapat dengan mudah mengatur mode kecepatan berlari Anda, baik saat melakukan sprint naik ke atas atau ketika berjalan saat turun.

2. Sepatu Roda
Kegiatan kardio kedua yang harus dilakukan selama bulan-bulan musim panas seperti ini adalah sepatu roda. Jika dilakukan dengan benar, kegiatan ini akan menjadi olahraga yang akan memperkuat otot paha depan. Selain itu, kalori yang terbakar dengan melakukan olahraga ini sebanding dengan olahraga lari.
Hal yang harus diperhatikan dari bersepatu roda adalah tekniknya. Ambil langkah dengan lutut lebih masuk ke dalam seperti pisau dan perluas bentangan kaki luar belakang Anda. Hal ini akan membuat otot paha depan Anda lebih tegang serta membantu kerja otot paha luar saat Anda bergerak.

3. Uphill Sprinting
Aktivitas lain yang bagus untuk mencapai tujuan kardio adalah uphill sprinting. Latihan ini pada dasarnya sama seperti melakukan interval sprint pada umumnya, namun pada uphill sprinting ditambahkan taktik untuk membuat latihan ini lebih optimal.
Untuk melakukannya, putuskan berapa lama Anda akan berlari dan kemudian tentukan bukit dengan trek panjang yang sesuai sebagai medan lari Anda. Jika Anda ingin melakukan dengan waktu lebih pendek, lakukan sprint lebih panjang dengan trek bukit yang lebih pendek dan curam. Namun, jika Anda ingin melakukan dengan waktu lebih panjang, lakukan sprint sedikit lebih rendah dengan trek bukit yang lebih panjang. Lakukan sprint naik bukit dan kemudian berjalan menyusuri bukit setelah Anda selesai, ulangi proses 6 – 10 putaran untuk trek pendek.

4. Berenang
Banyak yang belum paham jika berenang adalah bentuk olahraga kardio yang efektif jika Anda melakukannya dengan intensitas yang cukup tinggi. Jika Anda sedang berlibur ke pulau atau kemana saja, temukan pantai atau danau yang bersih untuk berenang di pagi hari. Itu adalah waktu yang paling tepat untuk mendapatkan kardio sebelum memulai aktivitas hari itu. Anda juga dapat mencari kolam renang terdekat. Berenang 15 menit dari ujung ke ujung kolam bolak balik. Lalu, tambahkan durasinya sebanyak lima menit setiap minggu sampai Anda dapat melakukannya 40 – 45 menit lurus.

5. Berlari di Pantai
Jika Anda tidak siap untuk berlari di bukit seperti yang dipaparkan di atas, cara lain untuk meningkatkan pembakaran kalori lebih dari hanya sekedar berlari adalah dengan berlari di pantai yang terasa lebih berat karena faktor hambatan dari pasir pantai. Mulailah dengan kecepatan lambat terlebih dahulu sehingga memungkinkan tubuh Anda menyesuaikan diri sebelum mulai berlari lebih kencang.

6. Hiking
Selanjutnya, Anda juga dapat mempertimbangkan hiking. Meskipun tidak seintensif lari, hiking akan memberi Anda latihan yang fantastis dan menantang, yaitu dengan mendaki medan yang cukup panjang, terutama jika Anda menggunakan hiking pole saat mendaki. Metode ini akan meningkatkan pembakaran kalori. Poin ekstra jika Anda memilih untuk mendaki di daerah kontur tanah mendaki adalah latihan untuk paha depan, glutes, dan betis.

7. Canoing atau Mendayung
Anda mungkin telah melihat mesin dayung di gym yang merupakan simulasi dari mendayung kano atau perahu kecil. Nah, saat Anda berada di luar, cobalah untuk mendayung kano. Latihan ini akan memberikan latihan bagi otot tubuh bagian atas secara menyeluruh. Kegiatan ini juga bentuk latihan kardio yang efektif.

8. Voli Pantai
Kegiatan pantai lain yang bisa Anda nikmati sekaligus untuk melatih kardio adalah voli pantai. Kegiatan ini lebih memang intensitasnya tidak lebih tinggi dari beberapa kegiatan outdoor seperti di atas, namun tetap layak Anda jadikan pertimbangan untuk melakukan pembakaran kalori jika Anda bermain dalam jangka waktu yang lama dan dengan teknik yang benar.

9. Tenis
Jika Anda seseorang yang suka olahraga raket, cobalah bermain tenis. Tenis akan benar-benar membuat Anda bergerak secara menyeluruh ke setiap sudut lapangan sehingga akan membakar 400 – 600 kalori per jam, tergantung pada seberapa keras Anda bermain. Tenis juga merupakan cara yang baik untuk membuat tubuh bagian atas dan bawah Anda bekerja.

10. Bersepeda
Akhirnya, aktivitas kardio outdoor yang wajib untuk dipertimbangkan adalah bersepeda. Sebelumnya, tentukan dahulu tujuan Anda bersepeda. Ini berpengaruh pada penentuan jarak yang ingin Anda tempuh. Bersepeda di luar ruangan tentu lebih menantang daripada Anda menghabiskan waktu dengan sepeda statis di gym. Selain karena berwisata, trek yang beragam akan membuat makin banyak otot tubuh yang dilatih. Bersepeda di luar ruangan juga akan melatih keseimbangan, daya reflek, dan kewaspadaan indera Anda.

[Sumber: Fitness for Men Indonesia | Foto: Competitor.com]

Share it