Makanan yang dapat meredakan stres

190

Stres memang sudah menjadi makanan sehari-hari, terutama bagi kita yang tinggal di kota besar dan bekerja setiap hari.

Tekanan hidup dan tuntutan ekonomi membuat kita harus memutar otak untuk mencari solusinya. Dalam tahap yang makin berat, stres tak terhindarkan.

Dalam kondisi itu, daya tahan tubuh akan menurun dan ritme detak jantung jadi tak stabil sehingga membuat kita rentan akan berbagai penyakit serius. Selain itu, stres juga menurunkan kualitas hidup kita.

Karena tak mungkin untuk menghindari stres, langkah terbaik adalah dengan membentengi tubuh agar tahan terhadap stres. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang terbukti berguna meredakan stres.

Coklat hitam
Menurut penelitian dari Universitas California, San Diego School of Medicine, cokelat mengandung molekul psikoaktif yang dapat membuat pemakan cokelat merasa nyaman. Beberapa kandungan cokelat seperti caffeine, theobromine, methyl-xanthine dan phenylethylalanine dipercaya dapat memperbaiki mood.

Avokad
Mengandung vitamin B yang baik untuk kesehatan saraf dan sel-sel otak. Perasaan cemas akibat stres berakar pada kekurangan vitamin B.

Susu
Susu mengandung aktioksidan tinggi dan kaya akan Vitamin B2 dan B12, serta protein dan kalsium. Protein laktium dalam susu memiliki efek menenangkan karena dapat menurunkan tekanan darah. Sedangkan kalium dalam susu dapat membantu meringankan ketegangan otot yang dipicu oleh stres.

Kacang almond
Kacang almond kaya akan vitamin B2 dan E. Kedua nutrisi ini membantu meningkatan sistem kekebalan tubuh selama masa stres. Triknya, atasi stres dengan seperempat cangkir almond setiap hari.

Jeruk
Vitamin C yang terkandung dalam jeruk bisa menurunkan tekanan darah dan hormon stres kortisol

Ikan salmon
Ikan salmon adalah salah satu sumber Omega 3 terbaik. Ini dapat membantu Anda menjaga tingkat kortisol dan adrenalin ketika Anda stres. Mengonsumsi 4 ons dalam 3 kali seminggu bisa memperbaiki mood Anda ketika hormon stres sedang bergejolak.

Bayam
Bayam memiliki efek menenangkan karena mengandung magnesium dan mineral yang membantu mengatur kadar kortisol dan memberi Anda perasaan tenang.

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio melalui streaming di sini atau download melalui iOS dan Google Play Store.

[teks Bimo Wicaksana/sumber Fitnessformen | foto nationalgeographic.co.id]

Baca juga:
Susu almond: manfaat dan kekurangannya
7 Mitos traveling yang sering dipikirkan
Cegah serangan penyakit di musim hujan

Share it