Cegah serangan penyakit di musim hujan

15

Musim hujan yang identik dengan hawa dingin kerap membuat daya tahan tubuh kita menurun, seiring berkembangnya bakteri dan kuman, terutama yang habitnya adalah daerah lembab dan berair.

Dengan kondisi itu, tubuh kita pun akhirnya mudah terserang infeksi atau virus dan jatuh sakit. Penyakit yang paling kerap diderita adalah flu dan batuk.

Selain karena paparan virus, kita mudah terserang penyakit karena hawa dingin menurunkan metabolisme tubuh dan membuat pembuluh darah mengecil sehingga peredaran darah menjadi tak lancar.

Untuk mencegah kondisi itu, Anda bisa melakukan cara menghangatkan suhu tubuh. Bagaimana caranya? Anda bisa mengonsumsi minuman yang membantu suhu tubuh tetap dalam kisaran normal, yaitu 36,5 – 37,5 derajat Celcius.

Minuman itu antara lain adalah teh dan wedang jahe panas yang tinggi antioksidan sehingga bisa mengatrol kekebalan tubuh kita.

Menyoal penyajian, sebaiknya minuman itu diseduh dan disajikan denga air panas atau hangat agar tubuh cepat mendapat sensasi hangat.

Sebisa mungkin, hindari menggunakan air biasa atau justru menggunakan air dingin. Penggunaan air dingin bakal kontraproduktif dan justru membuat hawa dingin bikin tubuh kita jadi mudah kedinginan.

Di samping itu, pastikan mengonsumsi makanan berat tepat waktu saat musim hujan. Sebab, sejatinya, itulah benteng dasar agar metabolisme tubuh tak turun dan kita tak mudah takluk oleh rasa dingin hujan.

Apalagi bila Anda termasuk golongan pria bertubuh kurus, maka telat makan di musim hujan “haram” hukumnya karena orang dengan tubuh kurus asupan nutrisinya cenderung kurang terpenuhi. Alhasil, jika perut dalam kondisi tak terisi, maka tubuh bakal rentan terhadap serangan penyakit.

Hal itu bukan berarti kemudian orang bertubuh gemuk – dan sudah memutuskan untuk menurunkan berat badan – bisa mengonsumsi makanan seenaknya selama musim penghujan.

Konsumsilah camilan sehat, seperti pisang, apel, alpukat, pir, kacang untuk menjaga metabolisme tubuh tetap bagus. Tetap imbangi dengan olahraga dan beraktivitas aktif karena selain berguna untuk mengikis lemak tubuh, aktivitas itu akan menjaga tubuh Anda tetap hangat.

Semua itu akan mendukung Anda agar bisa “tahan banting” terhadap serangan hawa dingin yang disebabkan hujan.

Narasumber: Dr. dr. Luciana B. Sutanto, MS, Sp. GK, konsultan diet dan dokter gizi klinik dari Indonesian Nutrition Association.

Source: Fitness For Men

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Share it