Material “Gatotkaca” Disebut Jadi yang Terkuat di Bumi

93
Material “Gatotkaca” Disebut Jadi yang Terkuat di Bumi

Baru-baru ini, para peneliti menemukan material ‘gatotkaca’, yaitu campuran kromium, kobalt, dan nikel (CrCoNi).

Menariknya, material tersebut digadang-gadang sebagai yang terkuat yang pernah ditemukan di Bumi.

Tim yang dipimpin oleh para peneliti dari Laboratorium Nasional Lawrence Berkeley (Lab Berkeley) dan Laboratorium Nasional Oak Ridge (ORNL), menerbitkan sebuah studi yang menjelaskan temuan terbaru mereka jurnal Science pada 2 Desember 2022.

Material “Gatotkaca” Disebut Jadi yang Terkuat di Bumi“Bila Anda merancang bahan struktural, Anda ingin mereka menjadi kuat tetapi juga elastis dan tahan terhadap fraktur,” kata co-lead proyek Easo George yang juga Ketua bidang Teori dan Pengembangan Lanjutan Bahan Gabungan di ORNL dan University of Tennessee.

“Biasanya, harus ada yang dikompromikan antara hal-hal tersebut. Tapi bahan ini memiliki keduanya, dan bukannya menjadi rapuh pada suhu rendah, malah menjadi lebih keras,” terang George

Mengutip dari situs Berkeley Lab, CrCoNi adalah bagian dari kelas logam yang disebut paduan entropi tinggi (HEA). Semua paduan yang digunakan saat ini mengandung proporsi tinggi dari satu elemen dengan jumlah elemen tambahan yang ditambahkan lebih sedikit, tetapi HEA dibuat dari campuran yang sama dari setiap elemen penyusunnya.

Material “Gatotkaca” Disebut Jadi yang Terkuat di Bumi

Hal yang membuatnya kuat adalah campuran atom yang seimbang. Hal ini emberi beberapa bahan ini kombinasi kekuatan dan elastisitas yang luar biasa tinggi saat ditekan, yang bersama-sama membentuk apa yang disebut “ketangguhan (toughness)”.

“Ketangguhan material ini di dekat suhu helium cair (20 kelvin, -253 Celcius, -424 Fahrenheit) setinggi 500 megapascal akar kuadrat meter. Dalam unit yang sama, ketangguhan sepotong silikon adalah satu, badan pesawat aluminium di pesawat penumpang sekitar 35, dan ketangguhan beberapa baja terbaik sekitar 100,”

“Jadi, 500, itu angka yang mengejutkan,”kata co-leader penelitian Robert Ritchie, yang juga seorang ilmuwan senior di Divisi Ilmu Material Berkeley Lab dan Profesor Teknik Chua di UC Berkeley.

Baca Juga: Twitter Akan Melelang Barang-barang di Kantor Pusat, Ini Alasannya!

Kira-kira material tersebut akan digunakan untuk apa Brava Listeners?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it