Melihat Penyebab Destinasi Wisata Indonesia Kalah Dari Thailand

159
Melihat Penyebab Destinasi Wisata Indonesia Kalah Dari Thailand

Brava Listeners, Indonesia dan Thailand merupakan dua negara di Asia Tenggara yang terkenal memiliki destinasi wisata alam yang menakjubkan.

Akan tetapi, Thailand mengungguli Indonesia dari sektor industri pariwisata. Ini terlihat dari wisatawan mancanegara yang datang ke Thailand jumlahnya dua kali lipat lebih banyak dibanding yang ke Indonesia.

Lantas apa penyebab destinasi Nusantara kalah dari Negeri Gajah Putih? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Pada 2017, Menteri Pariwisata saat itu, Arief Yahya, menyebut Thailand lebih banyak dikunjung turis asing, karena Indonesia kalah dalam hal akses dan amenitas.

Meski pernyataannya terucap lima tahun lalu, tapi rasanya masih cukup relevan dengan kondisi sekarang. Bisa dibilang faktor akses dan amenitas Thailad lebih baik dibanding Indonesia.

Melihat Penyebab Destinasi Wisata Indonesia Kalah Dari Thailand

BandaraSvarnabhumi Bangkok merupakan salah satu bandara paling terkoneksi di dunia. Jika dibandingkan BandaraSoekarno-Hatta, BandaraSvarnabhumi letaknya lebih dekat dengan China, Jepang, Korea, Eropa, bahkan Amerika.

Kemudian salah satu wisata alam terbaik di Thailand seperti Pattaya memiliki akses penerbangan langsung dari Bangkok.

Baca Juga: Alkitab Ibrani Codex Sassoon Akan Dilelang Seharga Rp758,8 Miliar

Sementara di Indonesia, tidak hanya Bali, daerah wisata seperti Raja Ampat hingga Labuan Bajo punya  kendala akses yang dialami turis asing. Mengingat tidak punya pilihan penerbangan langsung ke daerah tujuan utama wisata.

Melihat Penyebab Destinasi Wisata Indonesia Kalah Dari Thailand

Faktor amenitas yang berhubungan dengan ketersediaan hotel dan transportasi lokal di daerah-daerah Indonesia bisa dibilang masih kurang dibandingkan di Thailand.

Menurut Anda faktor apa lagi yang membuat destinasi wisata di Indonesia kalah dari Thailand?