Mengenal Lebih Jauh Fenomena Hujan Salju di Grasberg, Papua

218
Mengenal Lebih Jauh Fenomena Hujan Salju di Grasberg, Papua

Grasberg yang berada di Kabupaten Mimika, Papua, mendadak dihebohkan oleh para warganet dikarenakan munculnya hujan salju di tempat tersebut. Ternyata fenomena hujan salju tidak hanya sekali dialami oleh lokasi yang berada disekitar tambang emas PT Freeport Indonesia tersebut.

Unggahan dari akun TikTok @andreevav44 menjadi sorotan setelah membagikan video hujan salju di Papua. Video tersebut diambil oleh Andre di area tempat kerjanya di Grasberg.

@andreevav44 hujan salju pt.freeportIndonesia #timikapapua #PapuaIndonesia #BuruhTambangPTFI #grasbergmine #ptfreeportindonesia­čç«­čçę #kualakencanatimikapapua #timikapapuakotadolar @grasber_07 ÔÖČ Komang – Raim Laode

“Hujan salju PT Freeport Indonesia,” tulis Andre dalam caption video di akun TikTok pribadinya.

Grasberg sendiri merupakan nama tambang terbuka yang dikelola PT Freeport Indonesia. Lokasinya berada di ketinggian 4.800 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Mengenal Lebih Jauh Fenomena Hujan Salju di Grasberg, Papua

Grasberg selalu diselimuti oleh cuaca dingin dengan bisa mencapai 8-10 Celsius. Di bulan April atau pertengahan tahun, Grasberg sering mengalami fenomena turun salju.

Untuk mencapai tambang Grasberg, harus melalui jalan yang terjal dengan banyak bebatuan di Pegunungan Tengah. Meski begitu, akses untuk ke Grasberg pun kini bisa menggunakan kereta gantung yang digerakkan dengan energi listrik dan menggantung pada kabel baja dengan panjang lintasan 1.660 meter.

Baca Juga: Pantai Kelingking Bali Hadirkan Lift Kaca 182 Meter, Satu-satunya di dunia

Di sekitar area lokasi pertambangan PT Freeport Indonesia juga kerap kali terjadi fenomena turun salju. Hal ini seiring dengan lokasinya yang berdekatan dengan Puncak Jaya yang terkenal dengan salju abadinya.