Mengetahui Bahaya Minum Es Saat Cuaca Terik

91
Mengetahui Bahaya Minum Es Saat Cuaca Terik

Cuaca terik yang panas sering dikaitkan dengan minuman dingin untuk melepas dahaga. Meski begitu ternyata minum air dingin atau es saat cuaca terik tidak dianjurkan, Brava Listeners.

Hal tersebut diungkap oleh Ketua Unit Kerja Koordinasi Gastro-Hepatologi IDAI Muzal Kadim. Menurutnya, alih-alih memilih air dingin, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi air dengan suhu normal saat cuaca panas.

Mengetahui Bahaya Minum Es Saat Cuaca Terik

Muzal menerangkan bahwa air dingin dikhawatirkan bisa memicu infeksi saluran napas akut.

“Jangan terlalu dingin, ditakutkan malah memicu infeksi saluran napas akut,” kata dia, dalam sebuah wawancara.

Hal berbeda justru diungkap oleh dokter gizi di RSCM Inge Permadhi. Menurut dia, konsumsi air dingin saat cuaca panas sebenarnya tak masalah. Pasalnya, air akan ditampung dulu di lambung sebelum disalurkan ke seluruh bagian tubuh.

Mengetahui Bahaya Minum Es Saat Cuaca Terik“Air ditampung dulu, setelah itu baru dialirkan pelan-pelan dan itu sudah disesuaikan dengan tubuh. Jadi enggak ada pengaruh,” katanya.

Baca Juga: Jelajah Luar Angkasa Dengan Tarif Rp1,9 Miliar Menggunakan Balon Udara

Inge juga menjelaskan bahwa air es bisa memicu radang, batuk, dan masalah kesehatan lainnya bagi sebagian orang. Ini karena air es memengaruhi saluran pencernaan dan saluran pernapasan.

Hal ini bisa terjadi karena ada rasa dingin yang merangsang paru-paru pada sebagian orang, hingga akhirnya mengalami batuk. Terutama, jika air es tersebut diberi campuran pemanis atau sirup.