Mengintip Menara Eiffel KW yang Dibangun di China

10

Bukan negara China namanya jika tidak menjiplak sesuatu hingga bentuknya mirip dengan aslinya. Negeri Tirai Bambu itu pun juga membangun Menara Eiffel KW atau dinamai dengan Menara Eiffel Hangzhou.

Menara Eiffel memiliki kembaran di kota Hangzhou. Menara Eiffel Hangzhou ini memiliki tinggi 108 meter atau hanya sepertiga dari ukuran Menara Eiffel asli di Paris.

Menara di China ini dijadikan sebagai destinasi wisata oleh warga setempat. Dibangun juga alun-alun di kawasan Tianducheng, mirip dengan alun-alun Champs d’Elysees ikon Kota Paris

Replika dari menara Eiffel ini dibuat pada tahun 2007 silam. Pembangunannya ini mendapatkan sejumlah cibiran dari masyarakat dari berbagai belahan dunia. Namun begitu, tak sedikit pula yang suka dengan menara Eiffel KW ini.

Tidak hanya menara Eiffel-nya saja yang ditiru, bahkan kawasan yang terletak di Tianducheng meniru Paris dalam skala besar. Kawasan Tianducheng pun dijuluki duplicature atau duplicate architecture (arsitektur duplikat).

Baca Juga: Rumah Tangga Sylvester Stallone Akan Dijadikan Acara TV

Ada ratusan monumen dan bangunan yang ditiru di kawasan Tianducheng ini. Bahkan, seorang fotografer Paris, Francois Prost, terkejut betapa miripnya kawasan Tianducheng dibangun mirip dengan kampung halamannya.

“Beberapa situs warisan negara saya ibarat dibangun ulang di sini,” ucap Francois Prost sebagaimana dikutip dari CNN.

“Obyek yang pertama saya perhatikan adalah Menara Eiffel dan menara itu tampak memukau juga,” kenangnya.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it