Nasi Dapat Membuat Buncit? Begini Penjelasannya

8

Bagi kebanyakan orang di Indonesia, kurang lengkap rasanya jika makan tanpa menggunakan nasi. Namun begitu, tak sedikit yang takut mengkonsumsi nasi akan memicu terjadinya perut buncit.

Nasi putih sudah menjadi ‘budaya’ bagi orang di Indonesia. Pola pikir kebanyakan masyarakat Tanah Air adalah jika tidak mengkonsumsi nasi putih, belum kenyang.

Dilansir dari Detikcom, menurut dokter spesialis penyakit dalam dari Junior Doctor Network Indonesia, dr Andi Khomeini Takdir, menjelaskan bahwa ternyata kandungan dalam semangkuk nasi putih terdapat vitamin dan mineral walaupun jumlahnya sedikit.

Ia juga mengungkapkan bahwa kandungan gula dalam nasi putih tidak sebanyak seperti ketika mengonsumsi gula pasir. Nasi putih diperbolehkan jika dikonsumsi sesuai dengan takaran kalori per harinya.

“Nasi masih ada vitamin dan mineral meski sedikit. Nasi putih dan gula bikin buncit kalau dikonsumsi di atas kebutuhan kalori harian,” ucap dr Andi Khomeini Takdir, dokter spesialis penyakit dalam dari Junior Doctor Network Indonesia.

Baca Juga: Amazon Buka Tahun 2023 dengan Pecat 18 Ribu Karyawan

Jika Anda sedang menjalani gula untuk diet atau penurunan berat badan, alternatif pengganti nasi bisa mengkonsumsi kentang, brokoli, singkong, ubi jalar dan jagung. Makana-makanan tersebut juga memiliki kandungan karbohidrat baik, namun tetap rendah gula.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it