Peringati HUT ke-41, Bentara Budaya Bali Gelar Pameran “Retrospeksi”

120
Peringati HUT ke-41, Bentara Budaya Bali Gelar Pameran “Retrospeksi”

Bentara Budaya Bali mempersembahkan sebuah pameran “Retrospeksi” dalam rangka memperingati HUTI ke-41. Pameran akan diadakan di Dharma Negara Alaya, Denpasar, pada Jumat, 29 September 2023 dan dibuka oleh Prof. Dr. I Wayan Adnyana, budayawan yang juga Rektor ISI Denpasar.

Pameran “Retrospeksi” ini menandai kilas balik perjalanan Bentara Budaya Bali selama 14 tahun. Ekshibisi ini merenungkan posisi budaya Bali, perombakan kultural dan ekologis yang tengah terjadi.

Rangkaian foto-foto terpilih dari berbagai peristiwa seni budaya di BBB selama kurun waktu 2009-2020 akan dipamerkan. Selain itu, juga ada koleksi Tanda Mata Bentara Budaya, selayang pandang historis, arsip kliping pemberitaan media, serta kreasi seni rupa peserta workshop Kelas Kreatif Bentara yang telah dikurasi.

“Perjalanan Bentara Budaya selama empat dekade lebih patut disyukuri sebagai penyelenggaraan Ilahi atau Providentia Dei dan diharapkan menjadi berkat yang bermanfaat bagi sebanyak mungkin orang.” ungkap Ilham Khoiri, General Manager Bentara Budaya & Communication Management, Corporate Communication Kompas Gramedia.

Pameran tersebut juga merupakan refleksi mengenai bagaimana memaknai kehadiran sebuah ruang publik di sebuah kota kreatif serta berwawasan budaya, juga perannya bagi dinamika kesenian dan kebudayaan, khususnya di Bali.

Baca Juga: Indra Lesmana Raih 2 Nominasi Kategori Jazz di AMI Awards 2023

Peringati HUT ke-41, Bentara Budaya Bali Gelar Pameran “Retrospeksi”

Selain di Bali, perayaan HUT ke-41 Bentara Budaya juga akan digelar di Bentara Budaya Jakarta dan Bentara Budaya Yogyakarta.

Telah diresmikan Bentara Budaya Art Gallery di Jakarta sekaligus pameran koleksi “Wajah Manusia Indonesia,” tepat pada 26 September 2023. Sementara di Yogyakarta, ada Pameran Seni Lawasan “Hermanu Behind Bentara Budaya‘s Book,” 26 September – 6 Oktober 2023.

Di Jakarta, diresmikan Bentara Budaya Art Gallery di Menara Kompas sekaligus pameran koleksi “Wajah Manusia Indonesia,” tepat pada 26 September 2023.