Perusahaan Elon Musk Dapat Izin Tanam Chip di Otak Manusia

156
Perusahaan Elon Musk Dapat Izin Tanam Chip di Otak Manusia

Izin akhirnya bisa didapat oleh perusahaan startup neurotech yang didirikan Elon Musk, Neuralink dari Food and Drugs Administration (FDA) untuk menanamkam chip buatan mereka ke otak manusia. Ini akan menjadi  uji coba klinis pertama di manusia.

Diketahui, Neuralink tengah mengembangkan implan ota yang dapat membantu pengguna lumpuh dapat mengendalikan teknologi eksternal hanya dengan sinyal dari otak. Teknologi ini bertujuan untuk membantu pengguna disabilitas dalam menggunakan komputer atau teknologi lainnya.

Dalam rencananya ini, Neuralink pun harus memasangkan chip buatannya dalam otak manusia. Pasien harus menjalani operasi otak yang invasif.

Perusahaan Elon Musk Dapat Izin Tanam Chip di Otak Manusia

Chip yang dibuat itu sendiri dapat menerjemahkan sinyal yang dibuat di otak serta dapat mengirimkan informasi ke perangkat melalui Bluetooth. Selain itu, Neuralink juga memerlukan izin dari izin dari Food and Drugs Administration (FDA) untuk dapat melakukan uji coba klinis pertama di manusia.

Penolakan sempat dilakukan oleh FDA terhadap pemasangan chip di otak manusia. Hal yang ditakutkan dalam percobaan ini adalah kemungkinan penanaman chip tersebut dapat merusak jaringan otak.

Baca Juga: Meta Kembangkan AI Bisa Kenali 4.000 Bahasa Lisan

Perusahaan Elon Musk Dapat Izin Tanam Chip di Otak Manusia

Namun, akhirnya beberapa isu yang dikhawatirkan tersebut dapat diselesaikan oleh perusahaan milik Elon Musk itu. FDA pun memberikan izinnya dikarenakan memiliki tujuan baik dalam membantu pengguna yang memiliki kekurangan dalam menggunakan teknologi.

“Ini adalah hasil kerja luar biasa oleh tim Neuralink dalam kolaborasi erat dengan FDA dan mewakili langkah penting pertama yang suatu hari nanti akan memungkinkan teknologi kami membantu banyak orang,” kata Neuralink dalam pengumumannya di Twitter, seperti dikutip dari Reuters.