Proyek Ambisius Mohammed bin Salman Ingin Buat Bandara Terbesar di Dunia

1006
Arab Saudi berencana membangun proyek ambisius dengan ingin membuat bandara terbesar di dunia Brava Listeners.

Negara timur tengah, Arab Saudi berencana membangun proyek ambisius dengan ingin membuat bandara terbesar di dunia Brava Listeners.

Melansir dari Saudi Press Agency, Putra Mahkota Mohammed bin Salman menyebut bahwa bandara baru tersebut nantinya dibangun di bandara yang sudah ada di Kota Riyadh, Bandara Internasional King Khalid dan akan dinamai Bandara Internasional Raja Salman.

Pembangunan bandara ini menggunakan dana kekayaan kedaulatan Arab Saudi yakni Dana Investasi Publik. Selain itu mencakup area 57 kilometer persegi, dengan enam landasan pacu paralel. Tujuannya untuk  menampung hingga 120 juta pelancong pada tahun 2030, dan hingga 185 juta pelancong pada tahun 2050, serta 3,5 juta ton kargo.

Proyek Ambisius Mohammed bin Salman Ingin Buat Bandara Terbesar di Dunia

Berbicara tentang desain, bandara tersebut nantinya akan menampilkan budaya Saudi untuk menawarkan “pengalaman perjalanan yang unik” bagi pengunjung. Bandara ini mengedepankan konsep Eco-green, yang lebih peduli terhadap lingkungan dan didukung oleh energi terbarukan.

Arab Saudi juga memiliki tujuan ambisius untuk menarik 100 juta pengunjung per tahun pada 2030, karena negara tersebut berusaha untuk mendiversifikasi ekonominya dari minyak. Hal ini karena Arab Saudi lama ditutup untuk pengunjung asing.

Proyek Ambisius Mohammed bin Salman Ingin Buat Bandara Terbesar di Dunia

Bandara Internasional King Khalid di Riyadh saat ini juga akan menjadi pangkalan bagi maskapai baru Arab Saudi, RIA, yang dijadwalkan diluncurkan akhir tahun 2022. Maskapai ini diprediksi akan menjadi pesaing Emirates dan Qatar Airways.

Baca Juga: Melihat 3 Tempat Staycation Termahal di Dunia!

Menarik untuk kita nantikan informasi lanjutan mengenai proyek ambisius Arab Saudi dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman ii Brava Listeners!

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it