Pengaruh psikosomatis pada kesehatan

38

Berbagai masalah kesehatan atau penyakit terkadang tidak hanya disebabkan oleh virus, bakteri, atau penyebab dari luar. Ada kalanya bisa berasal dari kita sendiri, yaitu pikiran negatif kita sendiri.

Pikiran negatif dapat disebabkan oleh kondisi fisik dan begitu juga sebaliknya. Pengaruh fisik ke kondisi psikis bisa disebut dengan psikosomatis.

Psikosomatis merupakan mind and body connection. Kaitan antara pikiran dan tubuh.

Jika terdapat pasien dengan keluhan yang dirasakan berulang-ulang tetapi ketika dicek tidak terjadi masalah kesehatan apapun, hal tersebut patut dicurigai sebagai psikosomatis.

Hal ini bisa disebabkan akibat mindset yang menimbulkan gejala-gejala fisik.

Seperti contohnya adalah kemarahan yang menimbulkan stroke, stres ketika ujian dan berujung pada mual, diare, meriang, dan sebagainya.

Tahapan-tahapan yang harus dilakukan ketika menderita masalah-masalah tersebut adalah:

  • Kenali diri
    Kapan merasakan hal tersebut dan kenali apa yang dirasakan
  • Memeriksakan diri ke dokter
    Periksakan kesehatan dan ceritakan keluhan yang dirasakan. Jika sudah diobati dan masih merasakan keluhan maka dokter pun akan mereferensikan memeriksakan diri ke psikiater
  • Konsultasi ke Psikolog/ psikiater
    Psikolog akan membantu menyelesaikan permasalahan yang bisa menimbulkan keluhan tersebut. Jika tidak ditangani dengan baik, maka keluhan ini akan terus terulang.

Jika mengalami permasalahan ini, hal yang terpenting adalah be positive, ubah mindset dan jangan malu untuk meminta bantuan orang terdekat. [teks Dessyana Kosasih | foto klinikhipnoterapi.net]

BACA JUGA : Khasiat almond pada mata

Share it