PSSI Usul ke FIFA Piala Dunia U-17 2023 Pakai 4 Stadion

41
PSSI Usul ke FIFA Piala Dunia U-17 2023 Pakai 4 Stadion

PSSI melalui Erick Thohir selaku Ketua Umum memberikan usulan ke FIFA agar Piala Dunia U-17 2023 menggunakan empat stadion.

Melalui konferensi pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Erick menerangkan PSSI sudah mencoba mengajukan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 dengan memakai empat stadion kepada FIFA.

PSSI Usul ke FIFA Piala Dunia U-17 2023 Pakai 4 Stadion

“Yang saya bisa dorong, diskusi dengan FIFA tadi kita mengusulkan dua grup di Jakarta, dua grup di Jawa Barat, satu grup di Solo, satu grup di Surabaya, semifinal final di Solo, pembukaan di Jakarta, Timnas [Indonesia] main di Jakarta, itu yang kita usulkan,” kata Erick.

Keempat stadion usulan PSSI itu adalah Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo) dan Gelora Bung Tomo (Surabaya).

PSSI Usul ke FIFA Piala Dunia U-17 2023 Pakai 4 Stadion

Soal latar belakang PSSI mengusulkan empat stadion yang berlokasi di Pulau Jawa, Erick menuturkan hal tersebut berkaitan dengan berbagai aspek persiapan dan pendanaan.

“Kalau ditanya lagi ‘apakah kita hanya fokus di Jawa saja?’ pada saat ini kita melihat konseksuensi dari persiapan yang tinggal 100 hari. Karena ini ada logistik, ada juga persiapan venue dan lain-lain.”

“Memang kembali dengan segala dinamika dan juga kembali yang kita tahu bahwa pendanaan ini juga harus efiesien dengan waktu yang 100 hari ini, ya memang ini pilihan yang tidak mudah,” jelas Erick.

Baca Juga: Kiper Legendaris Buffon Akan Pensiun di Usia 45 Tahun

Menurut Erick, FIFA optimistis Piala Dunia bisa dilaksanakan dengan menggunakan empat stadion. Hanya saja FIFA baru akan memastikan keputusan pada akhir Agustus.

Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia akan berlangsung mulai 10 November – 2 Desember 2023.