Sederet Torehan Bersejarah Chandrayaan-3 Milik India

30
Sederet Torehan Bersejarah Chandrayaan-3 Milik India

Belakangan ini India menjadi sorotan dunia usai berhasil mendaratkan wahana antariksanya di Bulan bernama Chandrayaan-3.

Narendra Modi selaku Perdana Menteri India mengungkap bahwa pendaratan tersebut mencatatkan berbagai sejarah. Berikut ini sederet torehan bersejarah dari pendaratan Chandrayaan-3 di Bulan:

Pendaratan pertama di kutub selatan Bulan

Sederet Torehan Bersejarah Chandrayaan-3 Milik India

Chandrayaan-3 mendarat di dekat kutub selatan Bulan tepatnya pada pukul 18.03 waktu India, atau 19.34 WIB. Pendaratan ini bersejarah karena Chandrayaan-3 menjadikan India negara pertama yang mendaratkan wahana antariksa di kutub selatan Bulan.

Rekor untuk India

Pendaratan Chandrayaan-3 juga menjadi rekor tersendiri bagi negara India, mengingat ini merupakan wahana antariksa pertama mereka yang mendarat di permukaan Bulan.

Sebelumnya, India pernah mencoba untuk mendarat di Bulan lewat Chandrayaan-2, namun gagal mendarat ketika wahana antariksa itu menabrak Bulan karena masalah pada software.

Negara keempat mendarat di Bulan

India menjadi negara keempat yang mendarat di Bulan sekaligus negara kedua di Asia setelah China dengan prestasi wahana antariksa terbaik.

Sederet Torehan Bersejarah Chandrayaan-3 Milik India

Sebelumnya, hanya Amerika Serikat, China dan bekas Uni Soviet yang berhasil mendarat di permukaan Bulan. Misi ini pun mengukuhkan status India sebagai negara adidaya global di ruang angkasa.

Baca Juga: Misi Wahan Antariksa Luna-25 Milik Rusia Gagal, Hantam Bulan!

Salip Luna-25 milik Rusia

Kemudian, keberhasilan India mendaratkan Chandrayaan-3 di dekat kutub selatan Bulan terjadi hanya beberapa hari setelah upaya Rusia gagal menjalankan misi yang sama.

Wahana antariksa Rusia, Luna 25, jatuh ke Bulan pada 19 Agustus setelah mesinnya mengalami kerusakan, mengakhiri upaya pendaratan pertama mereka di Bulan dalam 47 tahun terakhir.

Sebelum menemui kegagalan, Luna-25 sempat menyalip perjalanan Chandrayaan-3.