Setelah Empat Hari Hilang, Kapal Selam Wisata Titanic Ditemukan

230
Setelah Empat Hari Hilang, Kapal Selam Wisata Titanic Ditemukan

Setelah empat hari hilang, kapal selam selam wisata Titanic akhirnya ditemukan di Samudra Atlantik, tepat 200 meter dari bangkai kapal Titanic.

Kapal selam bernama Titan itu ditemukan oleh tim sar pada Kamis (22/6) setelah mulai menyelam menuju bangkai kapal Titanic pada Minggu (18/6).

Setelah Empat Hari Hilang, Kapal Selam Wisata Titanic Ditemukan

“[Puing kapal Titan ditemukan] lebih dari 200 meter dari bagian haluan Titanic,” kata Coast guard pantai AS Laksamana Madya John Mauger, seperti dikutip CNN, Jumat (23/6).

Kapal Titan mengangkut lima orang termasuk dua miliarder dan CEO OceanGate perusahaan swasta yang menjalankan misi penjelajahan ke Titanic tersebut, Stockton Rush.

Sayangnya, kapal tersebut hilang kontak usai menyelam sekitar satu jam, 45 menit. Tim pun dikerahkan untuk mencari kapal ini. Bahkan negara besar seperti Amerika Serikat, Kanada, hingga Prancis sampai-sampai mengirim bala bantuan.

Setelah Empat Hari Hilang, Kapal Selam Wisata Titanic Ditemukan

Direktur Operasi Pemulihan dan Rekayasa Laut Angkatan Laut Amerika Serikat Paul Hankins mengungkap tim menemukan lima potongan besar puing-puing yang diidentifikasi sebagai bagian kapal selam Titan.

Setelah puing-puing kapal selam ditemukan, perusahaan OceanGate menyatakan lima orang di kapal Titan meninggal. Kapal tersebut diduga meledak karena tekanan air bawah laut yang sangat tinggi.

Baca Juga: Berikut Kelalaian Wisata Kapal Titanic yang Hilangkan Dua Miliarder

“Kami kini meyakini bahwa CEO kami, Stockton Rush, Shahzada Dawood dan putranya Suleman Dawood, Hamish Harding, dan Paul-Henri Nargeolet, sayangnya telah meninggal,” demikian pernyataan OceanGate di Twitter.

“Hati kami bersama kelima jiwa itu dan setiap anggota keluarga mereka selama masa-masa tragis ini. Kami berduka atas hilangnya nyawa dan kegembiraan yang mereka punya untuk semua orang yang dikenal.” Tulis OceanGate di Twitter.