Terlalu Berisik, India Akan Ganti Suara Klakson Menjadi Suara Suling

25
India Akan Ganti Suara Klakson Menjadi Suara Suling

Kebisingin yang ditimbulkan klakson kendaraan-kendaraan di India sudah sangat mengganggu aktivitas warga di sekitar. Bahkan, sudah ada rencana dari Menteri Transportasi India, Nitin Gadkari untuk mengubah suara klakson kendaraan menjadi suara instrumen musik, seperti suling.

India Akan Ganti Suara Klakson Menjadi Suara Suling

Padatnya penduduk serta pengguna kendaraan di India membuat suara klakson kendaraan menjadi suara yang selalu terdengar hingga menjadi polusi suara. Menteri Transportasi India, Nitin Gadkari bercerita bahwa ia sangat terganggu oleh klakson kendaraan saat sedang melakukan latihan yoga pernafasan di pagi hari.

Ia pun mencari alternatif untuk mengganti suara klakson di India menjadi seperti alat musik.

“Saya tinggal di lantai 11 di Nagpur. Saya melakukan pranayama [latihan yoga untuk pernapasan] selama satu jam setiap pagi. Tapi klakson mengganggu kesunyian pagi. Setelah masalah ini, pikiran muncul di benak saya bahwa klakson kendaraan harus digunakan dengan benar,” kata Nitin Gadkari.

“Kami sudah mulai memikirkannya bahwa suara klakson mobil seharusnya menjadi instrumen India dan kami sedang mengerjakannya. Suara instrumen seperti tabla, perkusi, biola, terompet, suling seharusnya yang didengar dari klakson,” ucapnya.

India Akan Ganti Suara Klakson Menjadi Suara Suling

Di India sendiri terdapat perturan untuk membunyikan klakson tidak boleh melebihi 112 dB. Selain itu, juga terdapat tempat-tempat tertentu yang dilarang untuk membunyikan klakson di jalanan India.

Baca Juga : Keluarga Korban Serangan Teror 9/11 Ungkap Menara WTC Runtuh Karena Diledakkan, Bukan Ditabrak Pesawat

Menurut Anda apakah efektif mengganti bunyi klakson dengan suara suling?

 

Penulis : Rifqi Fadhillah

Share it