Ternyata Berat Badan Menentukan Berapa Banyak Air Yang Harus Dikonsumsi Sehari

258
Berat Badan Menentukan Berapa Banyak Air Yang Harus Dikonsumsi Sehari

Mengkonsumsi air putih dalam sehari merupakan hal yang wajib untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh. Namun, tahukah Brava Listeners bahwa ternyata beda berat badan juga berbeda pula kebutuhan air yang dikonsumsi setiap harinya.

Berat Badan Menentukan Berapa Banyak Air Yang Harus Dikonsumsi Sehari

Umumnya, sehari orang normal mengkonsumsi air sebanyak 2,5 liter atau delapan gelas sehari. Meski begitu, ukuran 2,5 liter tidak bisa dijadikan patokan oleh semua orang dalam minum air putih.

Kebutuhan akan cairan dalam tubuh seseorang berbeda-beda tergantung berat badan yang mereka miliki. Orang yang memiliki berat hanya 40 kg tidak perlu sama minum sebanyak dari orang yang memiliki berat badan 80 kg.

Berat Badan Menentukan Berapa Banyak Air Yang Harus Dikonsumsi Sehari

Dilansir dari Times of India, perhitungan berapa liter air putih yang dikonsumsi berdasarkan berat badan adalah bagi berat badan Anda dengan angka 30. Misalnya, berat Anda 60 kg, maka jika 60 dibagi dengan 30, maka jumlah dari hasil tersebut adalah jumlah liter air yang Anda konsumsi yakni 2 liter. Apabila berat Anda 70 kg, maka jika dibagi dengan 30, hasilnya adalah 2,3 yang berarti air yang perlu Anda minum adalah 2 liter 300 ml.

Namun, jumlah konsumsi air putih bisa bertambah jika Anda rutin dalam berolahraga setiap hari. Apabila Anda melakukan olahraga selama setengah jam, maka dibutuhkan sekitar 350 ml air tambahan dari jumlah air putih yang wajib Anda konsumsi setiap harinya. Jika Anda berolahraga satu jam, maka Anda perlu tambahan 700 ml air.

Baca Juga : Setelah Sukses Ke Luar Angkasa, Richard Branson Ingin Bangun Hotel Di Luar Bulan

Jika berat Anda 60 kg dan mengharuskan untuk meminum 2 liter setiap harinya, jumlah tersebut tidak harus diikuti sama persis. Hal tersebut dikarenakan beberapa persen makanan yang Anda konsumsi juga mengandung air.

 

Penulis : Rifqi Fadhillah

Share it