Ternyata ini Hal yang Mendasari Gaya Hidup Bersih Melekat di Jepang

190

Jepang jadi sorotan pasang mata dunia dengan membersihkan stadion Qatar dalam penyelenggaraan Piala Dunia 2022. Ternyata kebiasaan untuk menjalani gaya hidup bersih sudah melekat dalam budaya di Jepang.

Suporter Jepang menorehkan berbagai pujian dengan aksi bersih-bersih di Stadion. Bahkan, aksi ini dilakukan oleh suporter Jepang ketika bukan negaranya yang berlaga di stadion tersebut.

Hal ini pun membawa citra positif bagi negara Jepang yang terkenal dengan budaya bersih dan disiplin. Seorang profesor sosiologi di Universitas Osaka, Scott North mengatakan bahwa kegiatan bersih-bersih seusai laga sepak bola telah dipraktekkan sejak duduk dibangku sekolah.

“Bersih setelah pertandingan sepak bola merupakan perpanjangan dari perilaku dasar yang diajarkan di sekolah, di mana anak-anak membersihkan ruang kelas dan lorong sekolah,” kata Scott North.

Negara Jepang memang terkenal dengan kebersihan di kotanya. Jarang sekali terlihat sampah berserakan di jalan-jalan di kota Jepang.

“Di sekolah dan kehidupan rumah tangga, orang tua kami mengajari bahwa tidak bagi kami untuk tidak menjaga kebersihan barang dan tempat tinggal kami,” ucap Maiko Awane, asisten direktur kantor Pemerintah Prefektur Hiroshima di Tokyo.

Baca Juga: Cetak Gol di Piala Dunia 2022, Cristiano Ronaldo Cetak Rekor!

Orang Jepang memiliki pemikiran bahwa kebersihan dapat menciptakan citra yang baik bagi mereka di mata orang lain. Qarga di Negeri Sakura tidak ingin dinilai buruk dikarenakan tidak peduli soal kebersihan.

“Kami orang Jepang sangat sensitif tentang reputasi kami di mata orang lain. Kami tidak ingin orang lain berpikir kami adalah orang jahat yang tidak memiliki pendidikan dalam hal membersihkan sesuatu,” tambah Awane.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it