Terungkap! Ditemukan Misteri Pola Laba-Laba Raksasa Di Mars

85
Misteri Pola Laba-Laba Raksasa Di Mars

Baru-baru ini telah terungkap misteri selama dua dekade terakhir terkait pola laba-laba raksasa di planet Mars akhirnya terpecahkan. Para ilmuwan di Inggris telah mengungkap melalui gambar satelit di kutub selatan planet Mars.

Sebelumnya, telah ditemukan oleh para ilmuwan pola-pola aneh di permukaan Mars yang bentuknya seperti laba-laba. Dua puluh tahun sudah penelitian ini dilakukan mengenai misteri dibalik pola laba-laba di Mars. Hal ini membingungkan, pasalnya bentuk tersebut tidak menyerupai sesuatu apapun di Bumi.

Misteri Pola Laba-Laba Raksasa Di Mars

Namun, akhirnya misteri ini terungkap setelah dilakukannya sebuah studi yang berhasil menciptakan pola laba-laba kecil seperti Mars di laboratorium.

Dilansir Live Science, digunakannya eksperimen dengan lempengan es karbon dioksida atau disebut juga es kering oleh para ilmuwan dan membuat simulasi layaknya atmosfer di Mars. Ketika es kering melakukan kontak dengan lapisan sedimen mirip Mars yang jauh lebih hangat, sebagian es langsung berubah dari padat menjadi gas (proses yang disebut sublimasi), membentuk retakan mirip laba-laba karena gas yang keluar mendorong es.

“Penelitian ini menyajikan serangkaian bukti empiris pertama untuk proses permukaan yang diperkirakan mengubah lanskap kutub di Mars,” kata penulis utama studi Lauren McKeown, ilmuwan planet di Universitas Terbuka di Inggris, dalam sebuah pernyataan.

“Eksperimen menunjukkan secara langsung bahwa pola laba-laba yang kita amati di Mars dari orbit dapat diukir dengan konversi langsung es kering dari padat menjadi gas.”

Baca Juga : Fitur “Hey Google” Hadir Di Mobil Fiat Terbaru

Hasil ini menunjukkan bahwa pola tersebut bukanlah berasal dari laba-laba asli. Laba-laba ini disebut sebagai araneiform oleh para ilmuwan. Bentuknya hitam dan ada cabang-cabang di sekitarnya. Hal ini berada di dekat kutub selatan Mars, terjadi karena dipengaruhi oleh kondisi musiman planet Mars.

Share it