Tim Medis dan Simon Kjaer Terima Penghargaan UEFA President’s Award 2021

7
Tim Medis dan Simon Kjaer Terima Penghargaan UEFA President's Award 2021

Masih tertanam di benak Anda cerita haru di laga pembuka grup B antara Denmark vs Finlandia (12/6/2021) di ajang EURO 2020?

Saat itu laga sedang berjalan seperti biasa, namun diakhir babak pertama gelandang Denmark Christian Eriksen tiba-tiba terjatuh saat ingin menerima bola lemparan kedalam dari rekan setimnya. Saat itu Eriksen langsung tidak sadarkan diri.

Pada saat itu seisi Stadion Parken Kopenhagen panik dan menjadi hening, bahkan beberapa pemain nampak meneteskan air mata karena tidak ingin sesuatu hal yang buruk terjadi pada Eriksen.

Tim Medis dan Simon Kjaer Terima Penghargaan UEFA President's Award 2021

Namun, di tengah keheningan itu, datang lah seorang pahlawan yang dengan sigap memberi pertolongan kepada pemain asal Inter Milan itu. Dia adalah kapten timnas Denmark Simon Kjaer. Kjaer melakukan pertolongan pertama sebelum tim medis mendekati Eriksen. Pemain AC Milan itu memastikan bahwa  Eriksen tidak menelan lidahnya sendiri.

Kesigapan Simon Kjaer dan tim medis pada saat itu akhirnya berhasil menyelamatkan nyawa Eriksen. Pemain berusia 28 tahun ini sadarkan diri dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

Pada saat itu sangatlah layak kapten timnas Denmark dan tim medis dinobatkan sebagai pahlawan. Selain melakukan pertolongan pertama Simon Kjaer juga  menenangkan dan memberikan energi baik kepada istri Eriksen, Sabrina Kvist Jensen.

Dan benar saja aksi Kjaer dan tim medis mendapat penghargaan dari UEFA.

Kjaer dan tim medis yang bertugas pada saat itu menerima penghargaan  UEFA Presidents Awards 2021.

Dalam pernyataan resminya UEFA mengucapkan terima kasih atas respons cepat terhadap Eriksen, sehingga nyawanya dapat tertolong.

“Berkat respons cepat tim medis dan perawatan darurat ahli, (Christian) Eriksen diresusitasi di lapangan, dan sekarang dengan senang hati menuju pemulihan,” tulis UEFA dalam laman resminya, Selasa (24/8/2021).

Presiden UEFA Aleksander Ceferin ingin menjadikan kejadian yang menimpa Eriksen menjadi pelajaran bagi semua pihak.

“Penghargaan Ini berfungsi sebagai pengingat penting dan abadi tentang betapa berharganya hidup dan menempatkan segala sesuatu dalam hidup kita ke dalam perspektif yang paling jelas,” kata Ceferin.

Baca Juga : Sambut Kembali Wisatawan, Kincir Ria Raksasa Hadir Di Times Square New York

Berikut daftar penerima penghargaan UEFA President Awards 2021:

– Simon Kjaer (kapten timnas Denmark)

– Mogens Kreutzfeldt (kepala petugas medis)

– Frederik Flensted (manajer medis stadion)

– Morten Boesen (dokter tim)

– Anders Boesen (dokter darurat di pinggir lapangan)

– Peder Ersgaard (paramedis)

– Petugas Medis UEFA

– Jens Kleinefeld

– Valentin Velikov

– Morten Skjoldager (fisio yang mendampingi tim dokter).

 

Penulis: Raihan Aulia

Share it