Timnas Indonesia Dikalahkan Vietnam, STY: Konsentrasi Pemain Turun

6

Kekalahan harus didapatkan timnas Indonesia melawan Vietnam dalam leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di My Dinh Stadium, Hanoi pada Senin (9/1) WIB. Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengungkapkan faktor yang menyebabkan Indonesia menderita kekalahan dari Vietnam.

Timnas Indonesia takluk dari Vietnam dengan skor 0-2 atas sang tuan rumah Vietnam. Menariknya, kedua gol dari Vietnam ini dicetak pada awal babak pertama dan awal babak kedua.

Shin Tae-yong menilai jika gol pertama kesalahan ada pada kiper timnas Indonesia, Nadeo Argawinata. Menurutnya, Nadeo telat dalam mengantisipasi datangnya pergerakan bola.

Selain itu, skuad Garuda juga dinilai belum beradaptasi sepenuhnya dengan lapangan. Hal tersebutlah yang dinilai membuat Indonesia kecolongan dimenit-menit awal pergantian babak.

“Pada gol pertama, kiper kami keliru dalam mengatur waktu saat menangkap bola,” ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers setelah pertandingan, dikutip dari Antara.

“Itu karena pemain, secara keseluruhan, belum beradaptasi maksimal dengan lapangan,” ujarnya.

Shin Tae-yong sendiri sebelumnya telah memperingatkan skuad Garuda untuk berhati-hati dimenit-menit awal. Waktu tersebut dinilai krusial untuk menentukan terjadinya gol.

“Konsentrasi pemain menurun. Padahal saya selalu mengingatkan kepada pemain harus berhati-hati terutama pada lima menit awal dan lima menit akhir pertandingan,” tutur Shin Tae-yong.

Kekalahan ini membuat timnas Indonesia gagal lolos ke babak final Piala AFF 2022. Shin Tae-yong juga gagal melanjutkan capaian di Piala AFF 2020, yang membawa Garuda melangkah ke partai puncak.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it