Tips memonitor berat badan tanpa timbangan

37

Jika berat badan Anda berfluktuasi sepanjang tahun, tenang saja karena Anda tidak sendiri. Hal tersebut wajar terjadi. Seperti yang dijelaskan Simone Austin, seorang pakar kesehatan sekaligus ahli gizi, kepada Harper’s Bazaar UK. “Berat badan akan berfluktuasi dari hari ke hari, jam ke jam.”

Fakta ini kemudian menyebabkan banyak dari kita memilih untuk hidup tanpa timbangan. Guna mengurangi rasa tertekan setiap melihat angka yang terus berubah-ubah.

Jika Anda tidak ingin mengukur berat badan Anda dalam angka, maka ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk tetap memonitor perubahan berat badan tanpa harus berhadapan dengan alat timbang.

1. Asupan makanan yang konsisten

Ada beberapa momen dalam satu tahun di mana Anda akan dikelilingi jenis-jenis makanan yang kaya akan kalori, seperti saat Natal dan Tahun Baru. Untuk memastikan asupan kalori Anda tetap konsisten caranya adalah dengan mengisi setengah dari piring Anda dengan sayur-sayuran non-starchy, alias yang rendah kadar karbohidratnya, seperti asparagus, baby corn, taoge, timun, terong, wortel, jamur, dan masih banyak lagi.

“Sayur-sayuran pada umumnya rendah kalori, dan tinggi akan serat, kandungan air, dan nutrisi. Karena itu kuncinya adalah untuk mengonsumsi sayur-sayuran segar dan ditambahkan dengan beberapa pilihan sayuran beku untuk nutrisi.”

2. Konsumsi berbagai tipe karbohidrat (tapi tidak sekaligus)

Badan Anda tetap butuh karbohidrat untuk berfungsi, namun jika Anda makan terlalu banyak tanpa membakar kalori, tentunya Anda akan mulai merasakan sedikit sempit di area pinggang Anda.

Solusinya? Batasi diri Anda dengan satu jenis karbohidrat setiap satu kali makan. “Satu sumber karbohidrat saat makan adalah hal yang wajar dengan jumlah yang hanya mengisi seperempat piring Anda,” ujar Simone.

Sumber karbohidrat yang bisa Anda pilih seperti kentang, sweet potato, quinoa, pasta, nasi, couscous, wholegrain bread, atau sereal.

3. Coba beberapa tipe alat timbang

Tidak semua timbangan serupa. QardioBase misalnya, merupakan timbangan yang bisa membantu Anda memonitor berat badan tanpa menunjukan angka. Memiliki Smart Feedback Mode, Anda bisa mengatur berat badan target dan mencapainya tanpa harus melulu mengetahui naik turunnya berat Anda. Timbangan pintar ini akan memberikan informasi berupa smiley face.

4. Pakaian Anda adalah alat ukur juga

“Bagaimana baju Anda terasa pas di badan juga menjadi salah satu cara untuk mengawasi berat badan,” ujar Simone.

“Jangan terlalu terobsesi, pastikan kesehatan Anda menjadi yang terpenting,” tambah Simone memberikan peringatan. Anda mungkin akan merasakan celana jeans yang Anda kenakan menjadi ketat saat usai makan siang, hal ini wajar disebabkan oleh perut yang penuh. “Awasi pakaian Anda dalam jangka waktu tertentu bukan setiap jam!”

(Alih bahasa: Daniar Cikita. Foto: Courtesy of Victoria Secret’s Sports)

Source: Harpers Bazaar Indonesia

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio melalui streaming di sini atau download melalui iOS dan Google Play Store.

Baca juga:
Berlari akan turunkan berat badan? Cek fakta ini dulu
Cokelat Indonesia menangkan penghargaan internasional
Sepatu sepak bola baru Puma yang lebih lengkap

Share it