Tips menghindari perut buncit

506
Foto: food.ndtv.com
Foto: food.ndtv.com

6. Tambahkan lada pada makanan.
Lada mengandung piperin, senyawa yang dapat membantu tubuh membakar jumlah kalori yang setara dengan berjalan kaki selama 20 menit. Lada juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan.

Lapisan terluar dari biji lada juga mengandung fitonutrien yang memecahkan sel-sel lemak.

7. Gunakan minyak kelapa.
Ganti minyak goreng (minyak sawit) yang Anda pakai dengan minyak kelapa. Minyak kelapa, menurut dr. Endang, tidak hanya dapat membakar lemak, tetapi juga meningkatkan metabolisme, berkat asam lemak tak jenuh ganda yang terkandung di dalamnya.

Minyak kelapa memiliki lemak tak jenuh yang disebut asam larut, termasuk dalam golongan Medium-chain Triglycerides(MCTs) yang tidak tertimbun di tubuh. “Minyak kelapa mampu meningkatkan metabolisme dan mengurangi stres pada pankreas sehingga membantu pembakaran lemak lebih banyak,” ungkapnya.

8. Manfaat cokelat hitam.
Cokelat bisa diterapkan untuk membantu penurunan berat badan. Menurut dr. Endang, cokelat bisa memberikan pengaruh pada orang agar mengonsumsi makanan lain lebih sedikit dari biasanya.

Tapi pastikan, cokelat yang dipakai adalah cokelat hitam yang lebih kaya kakao dibanding tambahan gulanya. Alasannya, lemak sehat pada cokelat akan memperlambat penyerapan gula menuju pembuluh darah sehingga mencegah kenaikan insulin secara cepat.

Kadar insulin yang tinggi, dalam jangka panjang bisa mengonversi gula menjadi lemak. Menurut studi yang dilakukan Universitas L’Aquiladi Italia, peningkatan insulin secara cepat turut membantu seseorang menjadi lebih mudah lapar. Hal tersebut muncul karena insulin mengganggu mekanisme pembakaran lemak tubuh.

“Konsumsi beberapa potong cokelat pada 20 menit sebelum dan lima menit setelah makan. Cara ini diyakini akan menurunkan 50 persen nafsu makan,” saran dr. Endang.

9. Rutin berolahraga.
Anda bisa melakukan latihan fisik rutin, seperti sit up, kardio, atau berenang. Olahraga ini dapat membakar lemak perut dengan cepat. Lakukan sit up saat bangun dan sebelum tidur, agar hasilnya maksimal.

10. Dengarkan musik yang menenangkan.
Jika Anda rileks, hormon kortisol penyebab kenaikan berat badan pun akan berkurang. Usahakan, setiap hari Anda menyempatkan diri untuk rileks dengan mendengarkan lagu yang menenangkan walau hanya 5 menit.

[teks Herman Joseph | foto bingapis.com]

Brava

Share it