Uji Coba Taksi Terbang di IKN Dilakukan Sebelum HUT RI 2024

95
Uji Coba Taksi Terbang di IKN Dilakukan Sebelum HUT RI 2024

Transportasi canggih taksi terbang akan dilakukan uji coba di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Uji coba akan dilaksanakan sebelum Hari Kemerdekaan RI tahun 2024.

Setelah beberapa negara mencoba taksi terbang, kini giliran Indonesia yang akan melakukan uji coba teknologi transportasi mutakhir tersebut. Hal ini diungkap oleh Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Mohammed Ali Berawi.

“Untuk uji coba taksi terbang dilakukan sebelum HUT RI Ke-79 pada 17 Agustus 2024,” ujar Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Mohammed Ali Berawi.

Diprediksi taksi terbang mulai akan dikerjakan pada periode Januari hingga Agustus sebelum dilakukan uji coba penerbangan.

“Kita ini melakukan proof of concept yakni teknologi harus dibuktikan bahwa keandalan teknologi tersebut bagus,” ujar Ali.

Uji Coba Taksi Terbang di IKN Dilakukan Sebelum HUT RI 2024

IKN akan menerapkan Intelligent Transport System (ITS) untuk taksi terbang. Sistem tersebut integrasi antara sistem informasi dan teknologi komunikasi dengan infrastruktur transportasi, kendaraan dan pengguna jalan.

“IKN menerapkan ITS mulai dari kendaraan otonom, bus listrik dan seterusnya,” ucap Ali.

Baca Juga: Fitur Revolusioner Platform e4, Membuat Mobil Listrik Mengapung di Air

Teknologi canggih yang nantinya akan digunakan di IKN diharapkan dapat membuat sumber daya manusia Indonesia berkembang. Terutama perusahaan lokal yang dapat meningkatkan kemampuannya dalam penguasaan teknologi taksi terbang.

“Menurut saya momentum ini hanya ada melalui pembangunan IKN, dan harus dimanfaatkan. Kita berharap ada teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk penciptaan, pengembangan, dan ada peningkatan kapasitas SDM Indonesia. Ini yang saya sebut sebagai nilai tambah,” pungkasnya.