Waktu Paling Tepat Minum Kopi Ternyata di Pagi Hari

35
Waktu Paling Tepat Minum Kopi Ternyata di Pagi Hari

Brava Listeners, seperti diketahui mayoritas warga Indonesia menyukai kopi. Jika mengonsumsi dengan jumlah terbatas dan diwaktu yang tepat, maka kandungan kafein pada kopi bisa dimanfaatkan dengan baik.

Salah satu manfaat kafein ialah dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus. Oleh karenanya, seperti mengutip dari Healthline, waktu minum kopi terbaik adalah di pagi hari.

Waktu Paling Tepat Minum Kopi Ternyata di Pagi Hari

Rasa loyo saat bangun tidur bisa mendadak segar dengan secangkir kopi. Secangkir kopi di pagi hari bisa mendorong energi untuk memulai aktivitas harian.

Namun disarankan agar tidak meminum kopi sesaat setelah bangun tidur. Ini karena minum kopi terlalu cepat setelah bangun tidur bisa mengurangi efek energi yang diberikan kafein. Hal ini terjadi karena kadar hormon kortisol yang memuncak sesaat setelah bangun tidur.

Waktu Paling Tepat Minum Kopi Ternyata di Pagi Hari

Perlu diketahui kortisol adalah hormon yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus. Kortisol juga mengatur metabolisme, respons kekebalan tubuh, dan tekanan darah.

Hormon ini mengikuti siklus tidur-bangun. Biasanya, hormon ini memuncak sekitar 30-45 menit setelah bangun tidur dan perlahan menurun setelahnya.

Saat kopi diminum sesaat atau sekitar 30-45 menit setelah bangun tidur, maka efek kafein yang diberikan akan berkurang.

Brava Listeners, disarankan untuk menunggu sekitar 2-3 jam setelah bangun tidur atau saat kadar kortisol perlahan turun untuk meminum kopi.

Baca Juga: 3 Cara Menjaga Kualitas Udara Sehat dalam Ruangan

Misalnya, bagi Anda yang terbiasa bangun tidur pada pukul 6.00 WIB. Dengan begitu, Anda disarankan untuk mulai meminum kopi sekitar pukul 8.00 – 9.00 WIB.

Sebagai catatan, minum kopi tidak dianjurkan bagi seseorang yang mengalami gangguan mental, misalnya gangguan kecemasan, gangguan bipolar, atau depresi. Gangguan pencernaan, termasuk penyakit asam lambung atau GERD dan irritable bowel syndrome hingga asam urat.