Wanita Malaysia Ungkap Dampak Vape yang Bisa Buat Paru-Paru Mengecil

144

Dampak terhadap kesehatan yang ditimbulkan oleh vape atau rokok elektrik saat ini masih menjadi perdebatan. Namun, baru-baru ini postingan seorang wanita di Malaysia di Facebook kembali viral, yang mengungkap efek dari vape yang dapat membuat paru-paru mengecil.

Wanita bernama Chris Chee menceritakan ada seorang pria yang merupakan anggota keluarganya yang mengalami kerusakan paru-paru dalam postingan yang dibagikan pada Juni 2022 di Facebook. Chris Chee mengatakan bahwa pria tersebut telah dua tahun menggunakan vape.

Setelah diperiksa, ditermukan bahwa paru-paru pria tersebut mengecil pada bagian kanannya. Hal ini pun membuat pria tersebut menjalani operasi pengangkatan paru-paru.

Wanita Malaysia Ungkap Dampak Vape yang Bisa Buat Paru-Paru Mengecil

“Area paru-parunya yang rusak harus diangkat melalui operasi. Paru-paru kanannya lebih kecil dari yang kiri sekarang,” tulis Chris Chee yang dikutip dari World of Buzz.

Chris Chee mengingatkan kepada setiap pengguna vape atau rokok elektrik untuk mengecek keadaan paru-parunya. Chris juga telah meminta izin kepada pria yang mengalami pengecilan terhadap paru-parunya, untuk membagikan pelajaran bagi pengguna vape atau vapers.

“Jika Anda telah melakukan vaping selama lebih dari dua bulan, periksalah paru-paru Anda,” ucapnya.