Warga Tokyo Dijanjikan Pemerintah Jepang Rp118 juta untuk Pindah ke Desa

8

Pemerintah Jepang menjanjikan kepada warganya untuk pindah dari Tokyo ke kota lain, Tak tanggung-tanggung, jika ada warga Jepang yang bersedia pindah akan dibayar 1 juta yen Jepang atau setara Rp118 juta.

Tidak meratanya penyebaran penduduk di kota-kota besar di Jepang, membuat pemerintah Negeri Sakura memiliki solusi menawarkan warganya pindah ke daerah lain. Salah satu kota di Jepang yang kini mulai sangat padat adalah kota Tokyo.

Selain itu, beberapa daerah perdesaan juga mengalami penurunan angka kelahiran dalam beberapa tahun terakhir. Sementara, populasi di kota Tokyo kian meningkat ketika pandemi berlangsung.

Berdasarkan statistik kependudukan pemerintah Jepang di tahun 2021, jumlah masyarakat yang berpindah ke Toktok ada sekitar 80 ribu tiap tahunnya. Disisi lain, warga yang meninggalkan kampung halaman kian sepi, ditambah dengan jumlah kelahiran yang menurun.

Pemerintah Jepang menawarkan kepada setiap keluarga yang ingin pindah ke daerah yang memiliki jumlah penduduk yang rendah akan menerima uang Rp118juta per anak. Kebijakan tersebut juga berlaku untuk keluarga dengan orang tua tunggal.

Insetif yang diberikan oleh pemerintah Jepang diperuntukkan bagi anak berusia di bawah 18 tahun atau 18 tahun ke atas jika masih duduk di bangku sekolah.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it