Fakta & mitos membentuk perut six pack

24

Memiliki perut six pack adalah obsesi sebagian besar pria modern. Namun, sayangnya hal tersebut kerap menjadi sia-sia karena kurangnya informasi latihan fisik yang tepat dalam memahat otot perut. Pasti, Anda kerap berpikir bahwa cukup melalui latihan sit-up, perut akan terpahat menjadi enam kotak. Nyatanya hal tersebut tidak benar.

Lalu, latihan seperti apa yang seharusnya dilakukan untuk mendapatkan perut six-pack? Simak ulasan tentang fakta dan tips jitu mendapatkan perut six pack di bawah ini.

1. Latihan sit-up tidak memberi Anda perut six pack

Latihan sit-up sebenarnya hanya bekerja pada bagian atas perut, di mana jika Anda keukeuh melakukan hal ini hingga 1000 kali, berarti melewatkan latihan otot perut bawah yang menjanjikan garis V (V shape) nan seksi. Selain itu, Anda juga melewatkan latihan memahat otot pinggul, otot punggung bawah, dan otot pinggang.

2. Dahulukan latihan kekuatan otot

Sebelum membentuk otot six pack, sangat dianjurkan untuk melatih kekuatan dan keseimbangan tubuh terlebih dahulu. Hal ini merujuk pada beban latihan perut yang lebih banyak bertumpu pada latihan angkat beban tubuh dibandingkan angkat beban alat. Beberapa latihan angkat beban tubuh yang disarankan adalah russian twist, pull-up, dan plank.

3. Perbanyak intensitas latihan kardio untuk cepat bentuk otot perut

Latihan kardio penting untuk membakar timbunan lemak dan mengubahnya menjadi tenaga. Mulailah perlahan tingkatkan porsi latihan kardio dengan tujuan agar kalori yang terbakar menjadi lebih banyak. Jangan paksakan intensitas tinggi jika Anda belum siap.

4. Benarkah lebih baik berlatih kebugaran dalam keadaan perut kosong?

Belum ada penelitian tentang hal ini, namun beberapa ahli kebugaran menyebut latihan dalam keadaan perut kosong cukup bantu dorong pembakaran lemak dan kalori lebih banyak. Namun, hal ini sebaiknya tidak dilakukan oleh mereka yang memiliki riwayat penyakit maag atau sedang berupaya menaikkan massa tubuh.

TEKS: HAPPY FERDIAN
FOTO: DOK. ESQUIRE
Source: Esquire

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
Movie Spotlight: Kartini
Kolaborasi Porsche dan Microsoft meluncurkan eSports
CR7 Chapter 4: sepatu terbaru Cristiano Ronaldo