10 Makanan pengikis lemak (Part II)

82

10 Makanan Pengikis Lemak (II-Habis)

Makanan yang punya efek termogenik tinggi dan bisa melesatkan metabolisme tubuh ialah makanan ideal untuk penurunan berat badan. Pasalnya, makanan ini membantu mempercepat proses pemecahan tumpukan lemak dalam tubuh.

Bahkan, menurut Vera Napitupulu, ahli gizi dan programme manager Light House Indonesia, “makanan termogenik” ini sudah bisa terasa sejak seseorang baru mengunyahnya.

Lantas, apa saja makanan mengandung termogenik yang tinggi dan pedongkrak metabolisme ini? Selengkapnya ada di bawah ini.

>>Yogurt

Fakta Nutrisi: Kalori (40 gram), lemak (2,25 gram), karbohidrat (3,68 gram), protein (2,88 gram).

Manfaat: Yogurt terbukti membantu mengurangi lemak dalam tubuh. Hal itu dibuktikan oleh international Journal of Obesity yang menemukan fakta bahwa mengonsumsi yogurt membantu mempertahankan massa otot sehingga tubuh efektif membakar lemak.

Hasil studi itu menunjukkan bahwa para relawan yang mengonsumsi yogurt minimal 3 kali per hari kehilangan hampir 5 kg lemak selama 12 minggu.

Saran Penyajian: Agar lebih nikmat saat dimakan, Anda bisa mencampur yogurt dengan buah-buahan segar yang dipotong kecil-kecil.

>>Bayam

Fakta Nutrisi: Kalori (40 gram), lemak (2,25 gram), karbohidrat (3,68 gram), protein (2,88 gram).

Manfaat: Dengan tingginya kadar nutrisi di dalamnya, seperti zat besi, protein, vitamin, magnesium dan mineral – bayam bisa membantu membakar kalori berlebih yang masuk ke dalam tubuh.

Di samping itu, mineral yang terkandung ini menyediakan energi dan mengstimulasi metabolisme yang membantu menurunkan bobot.

Saran Penyajian: Anda bisa menumisnya menggunakan minyak wijen atau minyak zaitun.

>>Tomat

Fakta Nutrisi: Kalori (22 kalori per buah), lemak (0,25 gram per buah), karbohidrat (4,82 gram per buah), protein (1,08 gram per buah).

Manfaat: Kekayaan antioksidan di dalam tomat bisa melonjakan metabolisme untuk mempermudah terjadinya pembakaran lemak jadi energi.

Saran Penyajian: Bisa dikonsumsi langsung sebagai camilan atau dikonsumsi dalam bentuk jus.

>>Putih Telur

Fakta Nutrisi: Kalori (17 gram), lemak (0,06 gram), karbohidrat (0,24 gram), protein (3,6 gram).

Manfaat: Seperti daging sapi, putih telur punya efek termogenik yang bisa membantu proses pembakaran lemak. Hal ini dibuktikan dari penelitian yang dilakukan oleh Biomedical Research Center.

Para relawan yang mengonsumsi dua putih telur setiap pagi, berat badannya berkurang hingga 65 persen dan merasa lebih berenergi, daripada mereka yang hanya mengonsumsi roti biasa.

Saran Penyajian: Buatlah omelet dengan perpaduan tiga putih telur dengan ditambahi aneka sayuran kesukaan Anda.

>>Wortel

Fakta Nutrisi: Kalori (54 gram), lemak (2,48 gram), karbohidrat (7,99 gram), protein (0,74 gram).

Manfaat: Makanan ini mengandung carotine, sejenis Vitamin A, yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan dan membakar sisa lemak yang sebelumnya Anda bakar saat berolahraga.

Saran Penyajian: Ditumis bersama bayam atau brokoli. Anda juga bisa membuatnya sebagai salad dengan memadukannya bersama sayuran, daging unggas.

Source: Fitness For Men

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
10 Makanan pengikis lemak (I)
Peluncuran perdana Porsche 911 GTS
Juventus sudah mendapatkan calon pengganti Evra

Share it