6 Makanan Penurun Resiko Kanker Payudara

45

Kanker payudara adalah jenis kanker yang paling umum terjadi pada perempuan, tetapi tidak hanya itu, kanker ini juga bisa memengaruhi pria, meskipun insiden kanker payudara pada pria kurang dari 1 persen dari total kasus kanker payudara.

Sebagaimana dijelaskan oleh Healthline, kerusakan DNA dan mutasi genetik merupakan faktor pemicu penyakit ini. Selain itu, memiliki warisan gen tertentu seperti BRCA1 dan BRCA2 dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

Meskipun begitu, gaya hidup juga berperan signifikan, seperti yang ditunjukkan oleh penelitian yang mengaitkan konsumsi alkohol yang berlebih, merokok, paparan estrogen, dan pola diet tertentu dengan peningkatan risiko terkena kanker payudara.

Beberapa penelitian melihat bahwa diet Mediterania dapat menurunkan risiko kanker payudara dan melindungi wanita dari penyakit ini.

Selain itu, ada beberapa makanan lain yang dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara, berikut listnya.

1. Sayuran berdaun hijau

Bayam, sawi, dan lobak hanyalah beberapa dari sayuran berdaun hijau yang mungkin memiliki sifat antikanker.

Sayuran berdaun hijau mengandung antioksidan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, yang dapat menurunkan risiko kanker payudara.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa asupan folat yang tinggi, vitamin B yang terkonsentrasi pada sayuran berdaun hijau, dapat melindungi terhadap kanker payudara.

Selain itu, analisis dari 8 penelitian terhadap lebih dari 7.000 orang menemukan bahwa wanita dengan tingkat karotenoid yang lebih tinggi memiliki risiko kanker payudara yang berkurang secara signifikan, dibandingkan dengan wanita dengan tingkat karotenoid yang lebih rendah.

Demikian juga, sebuah studi lanjutan pada lebih dari 32.000 wanita mengaitkan kadar total karotenoid dalam darah yang lebih tinggi dengan penurunan risiko kanker payudara sebesar 18-28 persen.

Terlebih lagi, hal ini juga dikaitkan dengan penurunan risiko kekambuhan dan kematian pada mereka yang sudah menderita kanker payudara.

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Membuat Awet Muda

2. Ikan berlemak

Ikan berlemak, termasuk salmon, sarden, dan mackerel, dikenal karena manfaat kesehatannya yang mengesankan.

Lemak omega-3, selenium, dan antioksidan seperti canthaxanthin dapat menawarkan efek perlindungan kanker.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan ikan berlemak secara khusus dapat mengurangi risiko kanker payudara.

3. Buah jeruk

Buah jeruk penuh dengan senyawa yang dapat melindungi terhadap kanker payudara, termasuk folat, vitamin C, dan karotenoid seperti beta cryptoxanthin dan beta karoten, ditambah antioksidan flavonoid seperti quercetin, hesperetin, dan naringenin.

Nutrisi ini memberikan efek antioksidan, antikanker, dan anti-inflamasi. Faktanya, penelitian mengaitkan buah jeruk dengan penurunan risiko banyak kanker, termasuk kanker payudara.

Sebuah tinjauan dari 6 penelitian di lebih dari 8.000 orang mengaitkan asupan jeruk yang tinggi dengan pengurangan 10 persen risiko kanker payudara.

4. Apel, Persik dan Pir

Buah-buahan khususnya buah persik, apel, dan pir – telah terbukti melindungi dari kanker payudara.

Dalam sebuah penelitian pada 75.929 wanita, mereka yang mengonsumsi setidaknya 2 porsi buah persik per minggu memiliki risiko 41 persen lebih rendah terkena kanker payudara.

5. Kacang

Kacang sarat dengan serat, vitamin, dan mineral. Secara khusus, kandungan seratnya yang tinggi dapat melindungi dari kanker payudara.

Dalam sebuah penelitian pada 1.260 wanita Nigeria, mereka yang mengonsumsi kacang-kacangan tertinggi memiliki penurunan risiko kanker payudara hingga 28 persen, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi kacang terendah.

6. Berry

Makanan fermentasi seperti yogurt, kimchi, miso, dan asinan kubis mengandung probiotik dan nutrisi lain yang dapat melindungi dari kanker payudara.

Sebuah tinjauan dari 27 penelitian mengaitkan produk susu fermentasi, seperti yogurt dan kefir, dengan penurunan risiko kanker payudara di Asia.