8 Cara lebih sehat di tahun yang baru (Part II)

19

8 Cara Lebih Sehat di Tahun yang Baru (II-Habis)

Terapkan tips hidup lebih sehat ini, agar tubuh Anda menjadi lebih sehat di 2017 ini.

5. Berhenti ‘melabeli’ makanan

Saat ingin menyantap makanan, sebagian orang secara tidak langsung memberi label sebuah makanan sebagai makanan yang “sehat untuk tubuh” dan “tidak sehat untuk tubuh”. Jika Anda memakan makanan yang sehat, Anda berarti akan memiliki tubuh yang sehat. Demikian juga, jika Anda memakan makanan yang tidak sehat, berarti Anda akan memiliki tubuh yang tidak sehat. Stigma ini tidak baik dan justru akan membatasi Anda untuk memakan beragam makanan.

Langer menyarankan, sebaiknya pola pikir terhadap makanan tersebut diubah, demi membantu Anda menikmati beragam makanan yang ada.

Sejujurnya, tidak ada makanan yang baik dan tidak baik. Beberapa makanan hanya lebih sehat dibanding yang lainnya,” tutur Langer.

6. Setiap satu jam Anda duduk, berdirilah dan jalan cepat selama lima menit

Salah satu kriteria memiliki umur yang panjang adalah melakukan aktivitas fisik, baik itu berolahraga ataupun tetap aktif saat di kantor. Nah, salah satu aktivitas kantor yang paling sering dilakukan adalah duduk di kantor selama berjam-jam.

Pakar kesehatan Jennifer Wider mengakui bahwa, melakukan aktivitas fisik di kantor adalah hal yang sulit direalisasikan.

Namun setidaknya, melakukan sedikit aktivitas fisik lebih baik daripada tidak sama sekali,” tutur Wider.

7. Perbanyak waktu istirahat Anda

Cobalah beristirahat lebih cepat dari biasanya setiap malam. Untuk awalan, coba lima menit lebih awal untuk beristirahat. Biasakan diri Anda dengan aktivitas ini, hingga akhirnya Anda memiliki waktu tidur tujuh hingga sembilan jam, sesuai dengan standar orang dewasa.

8. Setiap Anda membuat tujuan baru, lakukan secara perlahan

Dalam menyelesaikan pekerjaan dan target, Anda tidak bisa dengan langsung menyelesaikan semuanya tanpa melalui proses dan pembelajaran. Segala sesuatunya butuh waktu. Nah, dalam menjalani pola hidup sehat, sebaiknya jangan janjikan diri Anda untuk tiba-tiba tidak mencicipi beberapa jenis makanan, hanya karena itu tidak sehat. Mengapa?

Menurut Christine Carter, pengarang buku The Sweet Spot: How to Find Your Groove At Home And Work,  saat Anda mengurungkan niat untuk tidak mendekati serta memakan makanan yang Anda anggap tidak baik itu lagi, tanpa disadari Anda telah memulai perubahan kecil dalam tubuh Anda.

Itu mensugesti alam bawah sadar kita bahwa kita akan belajar untuk menghindarinya secara perlahan-lahan. Hal itu lebih efektif dibanding menolaknya secara langsung,” ujar Carter.

Source: Fitness For Men

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
8 Cara lebih sehat di tahun yang baru (Part I)
James Rodriguez akan tetap bertahan di Real Madrid
Sepatu boots terbaru dari Balenciaga

Share it