9 Cara atasi sindrom pasca liburan

42

9 Cara Atasi Sindrom Pasca Liburan

Liburan telah usai. Jumlah e-mail dalam inbox Anda sudah mencapai tiga digit.  Jadwal meeting sudah mengantre. Sementara itu, Anda malah tampak dan merasa seperti zombie. Apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi post-vacation blues atau post-holiday syndrome?

1. Mencuri waktu

Punya “bonus liburan”? Jika Anda kembali dari cuti hari Kamis,  manfaatkan sebaiik-baiknya untuk memulihkan tenaga dan/atau jet lag sebelum masuk kerja hari Senin minggu depan.

Kadang-kadang, tidur adalah obat paling ampuh untuk mengembalikan stamina yang terkuras selama liburan atau selama perjalanan panjang. Bisa juga Anda siasati dengan kembali bekerja justru pada hari Jumat, thank God it’s Friday! Atur cuti Anda sedemikian rupa sehingga Anda punya waktu ekstra untuk memulihkan diri dari periode hibernasi.

2.  Self-indulgence

Belum sempat memanjakan diri di spa saat berlibur? Nikmati massage, creambath atau manicure-pedicure agar Anda siap menghadapi dunia nyata lagi.

3. Reflect your holiday moments...

Membaca ulang jurnal perjalanan yang Anda tulis saat berlibur akan menghidupkan lagi great moments yang Anda alami dan mengingatkan Anda bahwa you ARE capable of being fun and happy.

Tidak sempat membuat jurnal saat  berlibur? Segera create new note di smartphone Anda!

4. …And share them!

Mengunggah foto-foto terbaik Anda saat berlibur ke akun social media dan melengkapinya dengan kutipan teks dari holiday journal Anda adalah 2 in 1 therapy.  Komen-komen positif (dan sirik) dari para sahabat akan menggugah kegembiraan dan rasa syukur Anda sekaligus reminder yang ampuh bahwa your holiday WAS real.

So, narcisst to the max saat liburan is definitely is a must.

5. Positive perspective is my middle name

Memilih perspektif yang positif sebenarnya adalah cara termudah untuk move on. Daripada larut dalam “holiday-is-over mood”, mengapa tidak “Thank God I had a great holiday!”?

6. Book your next trip

Merancang liburan Anda berikutnya adalah strategi konkret untuk “create your own future reality“. Excitement yang Anda rasakan saat browsing traveling sites, melakukan reservasi dan mengecek harga tiket akan menjadi motivasi ampuh untuk meningkatkan kinerja setidaknya untuk enam bulan mendatang.

7. Berolahraga

Selain tidur, inilah cara paling sehat untuk memicu endorfin dari tubuh Anda. Zat yang 200 kali lebih ampuh dibanding morfin ini akan meningkatkan imunitas tubuh, menimbulkan rasa gembira, nyaman, dan relaks. Bonusnya, lemak-lemak ekstra yang Anda tuai sepulang berlibur akan lenyap terkikis.

8. Membereskan dan merapikan rumah

Tidak ada sumber stres yang paling ampuh selain melihat rumah yang berantakan, cucian dan setrikaan yang menggunung. Belum sempat menyeleksi baju, sepatu dan barang-barang lain untuk dihibahkan? Better late than never.

9. Enjoy comfort food

Sesudah rumah bersih dan rapi, putar feel-good movie favorit, sambil menikmati comfort food. Malas memasak? Delivery service saja!

So, let’s welcome back the reality!

(Foto: Skylink/Shutterstock/ClickPhotos)

Source: Harpers Bazaar

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
Mercedes Benz siap menggoda dengan wajah baru GLA-Class
Manfaat body balance untuk tubuh
8 Cara lebih sehat di tahun yang baru (Part II)

Share it