Manfaat body balance untuk tubuh

98

Manfaat Body Balance untuk Tubuh

Body balance adalah suatu program latihan yang dirancang untuk membangun dan meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan dinamis dalam gerak. Menggabungkan tiga jenis senam sekaligus, yakni tai chi, yoga, dan pilates.

Latihan ini bermanfaat dalam hal mengintegrasikan dan menyeimbangkan sistem tubuh karena menyatukan gerakan relaksasi dan meditasi, mengurangi stress, pencegahan penyakit, serta menyelaraskan tubuh, pikiran, dan emosi.

Lalu dapat meningkatkan fleksibilitas sendi, gerakan, kekuatan inti (core muscle), dan tingkat stress.

Latihan body balance rata-rata berlangsung tidak lebih dari satu jam, dan biasanya terdiri dari dua tahap. 45 menit pertama, latihan sederhana tapi menantang, lalu dilanjutkan dengan relaksasi dan meditasi untuk 10 menit selanjutnya.

Urutannya adalah pemanasan tai chi, yang memfokuskan pikiran dan meningkatkan tingkat kesadaran melalui pengendalian pernafasan yang dapat mengurangi rasa stres, lalu yoga sun salutions untuk peregangan dan penguatan kelompok otot utama dan dilanjutkan yoga standing strength, pose seperti prajurit untuk memperkuat tubuh.

Terakhir lakukan balancing pose dan hip openers untuk fokus pada fleksibilitas pinggul dan punggung bawah.

Ketika latihan berlangsung, kelenjar endokrin akan mengeluarkan hormon yang bisa membantu melancarkan metabolisme tubuh. Tidak hanya itu, kapasitas paru-paru-pun akan semakin besar, sehingga tidak mudah capek.

Tai chi ini bisa juga menguatkan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan pilates dan yoga dapat memperkuat otot inti perut dan punggung.

Gerakan terakhir adalah twist and forward bend untuk menciptakan kelenturan dan fleksibilitas paha depan, dan punggung.

Gerakan pendinginan yaitu relaksasi dan meditasi selama 10 menit terakhir untuk mendapatkan manfaat mental, psikologis, dan meningkatkan efek latihan.

——————————————————————————————————————————————————————————————————————————————

Narasumber: Andreas Paskaria (Group Exercise Coordinator JATOMI – Kuningan City)

Source: Fitness For Men

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
8 Cara lebih sehat di tahun yang baru (Part I)
8 Cara lebih sehat di tahun yang baru (Part II)
James Rodriguez akan tetap bertahan di Real Madrid

Share it