Alasan WHO Masih Terapkan Status Darurat Covid-19 Global

100

Kondisi dunia saat ini dalam menghadapi terpaan Covid-19 sudah jauh membaik dibanding tahun sebelum-sebelumnya. Namun begitu, hingga kini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum mau mencabut status darurat Covid-19. Apa alasannya?

Dalam pembukaan pertemuan dewan eksekutif tahunan WHO, Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengungkapkan bahwa saat ini virus Covid-19 sudah mulai terkendali di berbagai belahan dunia.

Hal tersebut dikarenakan imunitas warga dunia secara tingkat kekebalan mulai merata karena mendapatkan vaksinasi. Begitupun dengan angka kesakitan dan kematian yang cenderung makin menurun.

“Komite mengakui, pandemi COVID-19 mungkin mendekati titik puncaknya,” kata WHO yang dikutip dari AP News.

Baca Juga: Pelatih Al Nassr Percaya Ronaldo Akan Akhiri Karirnya di Eropa

Meski begitu, Tegros mengkhawatirkan bahwa virus Covid-19 dapat terus menyebar dan menjadi potagen secara permanen. Hal inilah yang membuat Covid-19  masih menyandang status darurat kesehatan global.

“Namun, ada sedikit keraguan bahwa virus ini akan tetap menjadi patogen permanen pada manusia dan hewan di masa mendatang,” ujarnya.

Munculnya varian Omicron, yang dampaknya tidak separah varian sebelumnya, membuat beberapa negara di dunia melonggarkan kebijakan protokol kesehatan, termasuk pemakaian masker hingga jarak.