Alkohol Salah Satu Faktor Utama Timbulnya Kanker

12

Salah satu minuman pemicu berkembangnya kanker adalah minuman beralkohol. Namun begitu, banyak orang yang tidak menyadarai betapa bahayanya alkohol terhadap kesehatan serta risiko utama timbulnya kanker.

Kurangnya informasi mengenai dampak alkohol terhadap tubuh, membuat orang-orang dengan mudahnya menenggak alkohol. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian jurnal dari American Association for Cancer dalam Cancer Epidemiology, Biomarkers, and Prevention.

Penelitian tersebut menunjukan bahwa lebih dari 50% warga Amerika tidak tahu bahwa minum alkohol memengaruhi risiko kanker. Malahan, ada yang mempercayai bahwa minum anggur dapat menurunkan risiko terjadinya kanker.

Padahal banyak yang tidak menyadari bahwa alkohol merupakan faktor risiko utama berkembangnya kanker. Apapun jenis minuman yang mengandung alkohol dapat berdampak bagi kesehatan mereka.

“Semua jenis minuman beralkohol, termasuk anggur, meningkatkan risiko kanker,” ujar penulis studi senior William MP Klein, PhD , direktur asosiasi Program Penelitian Perilaku Institut Kanker Nasional, seperti yang dikutip dari Health.com.

Salah satu penyebab mengapa alkohol dapat memicu kanker ialah karena bersifat karsinogen. Ini artinya, alkohol memang bisa meningkatkan risiko kanker pada tubuh. Diketahui, karsinogen merupakan zat yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga: Elon Musk Angkat Bicara Terkait Berita Tesla Bangun Pabrik di Indonesia

Selain itu, kandungan asetaldehida yang ada dalam alkohol juga bisa mengakibatkan rusaknya DNA secara permanen dan memicu kanker.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it