Apa buah tropis favorit Anda?

131

Apa Buah Tropis Favorit Anda?
Derasnya arus buah impor ke pasar negeri dapat kita imbangi dengan memilih buah-buahan lokal untuk konsumsi sehari-hari. Buah lokal memiliki kandungan vitamin, mineral dan serat yang sama tingginya dengan buah impor.

Selain itu, faktor kesegaran juga menjadi nilai lebih buah lokal. Dana yang harus dialokasikan juga akan lebih rendah.

Terakhir, memilih mengonsumsi buah lokal adalah cara sederhana untuk memulai kedaulatan pangan dari diri kita sendiri. Menjadikan diri sendiri sebagai bagian dari perubahan adalah awal dari hal-hal besar.

Setidaknya, ada 20 jenis buah lokal yang dapat dijadikan pilihan dalam menu harian kita.

1. Pisang
Ragamnya antara lain mencakup pisang raja bulu, pisang raja siam, pisang tanduk, pisang mas, pisang batu, pisang barangan, pisang ambon, pisang susu.

2. Jambu
Kita umumnya mengenal jambu air, jambu biji, dan jambu bol.

3. Jeruk
Jeruk di Indonesia secara garis besar terbagi dalam kategori jeruk makan dan jeruk peras. Jeruk medan, jeruk bali, jeruk pontianak, dan jeruk banyuwangi adalah empat jenis jeruk yang biasa kita jumpai di pasar tradisional maupun toko buah modern.

4. Apel
Malang di Jawa Timur dikenal sebagai kota penghasil apel. Setidaknya ada lima varian apel yang diproduksi. Ada apel granny smith, apel manalagi, apel rome beauty, apel wanglin dan apel anna.

5. Nanas
Jenis nanas yang paling akrab dengan kita adalah nanas palembang dan nanas bogor. Selain kedua varian itu, sebenarnya masih banyak jenis nanas dari berbagai daerah Nusantara.

6. Salak
Mana yang lebih Anda sukai, salak Bali atau salak pondok dari Yogyakarta?

7. Rambutan
Tidak usah khawatir, ada 13 varian rambutan yang tumbuh di Nusantara. Kita memang baru akrab dengan rambutan rapiah dan rambutan binjai dari Aceh. Namun Kalimantan Selatan dan Nusa Tenggara Barat pun memiliki jenis rambutannya masing-masing.

8. Mangga
Mangga harum manis, mangga gedong gincu, mangga lalijiwo, mangga indramayu, dan mangga golek adalah jenis-jenis mangga Indonesia yang memiliki tekstur dan kadar kemanisan berbeda-beda.

9. Buah Naga
Buah naga merah dan buah naga putih datang dari Malang dan Sukabumi. Yang merah berharga lebih mahal daripada yang putih. Kandungan antioksidannya pun lebih tinggi.

10. Durian
Buah ini memiliki julukan “raja buah”. Penggemar maupun pembencinya sama banyaknya. Meski selama ini baru durian medan dan durian petruk yang menjangkau toko buah modern di kota-kota besar, sebenarnya jumlah varian durian Nusantara mencapai 30 buah!

11. Pepaya
Tahukah Anda bahwa pepaya jenis california ternyata hasil budidaya ahli pertanian IPB? Nama aslinya adalah pepaya calina.

Diduga, para pedagang buah mengganti namanya agar berbau asing mengingat masyarakat Indonesia cenderung lebih “silau” dengan produk luar negeri.

Survei tahun 2001 Tim Ahli IPB ke seluruh wilayah Nusantara berhasil mengumpulkan sekitar 50 jenis pepaya.

12. Belimbing
Setidaknya ada tujuh jenis belimbing yang ada di Indonesia. Ikon kota Depok ini memiliki kadar air sebanyak 80 persen.

13. Nangka
Varian nangka di Indonesia tercatat sebanyak sembilan buah.

14. Markisa
Meskipun sebenarnya berasal dari Amerika Selatan, buah ini sudah dikonsumsi orang Indonesia. Bahkan setidaknya ada dua wilayah Nusantara yang dikenal dengan sirup markisanya, yakni Medan dan Makassar.

15. Sawo
Ada enam jenis sawo yang ditemukan dalam literatur. Jenis yang paling popular adalah sawo manila.

Lima jenis buah Nusantara lainnya adalah kecapi, manggis, duku, kedondong, dan srikaya. Meski mungkin saja kelima jenis buah tersebut pun memiliki varian yang sama kayanya dengan jenis buah lainnya, sejauh ini belum ada sumber tertulis yang layak dijadikan acuan.

(Foto: Courtesy of Sarsmis/Shutterstock)

 

Source: Harpers Bazaar

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
Nike Football luncurkan edisi spesial Hypervenom WR250
Sensasi menyantap makanan di cafe tertinggi
Ducati memperkenalkan motor terbaru, Desmosedici GP17

Share it