Apple Luncurkan Fitur Eye Tracking dan Music Haptics di iOS 18

30

Apple mengumumkan fitur-fitur aksesibilitas baru yang akan hadir di akhir tahun ini, termasuk Eye Tracking, sebuah cara bagi pengguna yang memiliki keterbatasan fisik untuk mengontrol iPad atau iPhone dengan mata mereka.

Selain itu, Music Haptics akan menawarkan cara baru bagi pengguna yang tuna rungu atau tuli untuk menikmati musik menggunakan Taptic Engine di iPhone; Vocal Shortcuts akan memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas dengan membuat suara khusus; Vehicle Motion Cues dapat membantu mengurangi mabuk perjalanan ketika menggunakan iPhone atau iPad di dalam kendaraan yang sedang melaju; dan lebih banyak lagi fitur aksesibilitas yang akan hadir di visionOS. 

Fitur-fitur ini menggabungkan kekuatan perangkat keras dan perangkat lunak Apple, memanfaatkan silikon Apple, kecerdasan buatan, dan pembelajaran mesin untuk melanjutkan komitmen Apple selama puluhan tahun dalam merancang produk untuk semua orang.

“Kami sangat percaya pada kekuatan transformatif dari inovasi untuk memperkaya kehidupan,” ujar Tim Cook, CEO Apple. “Itulah mengapa selama hampir 40 tahun, Apple telah memperjuangkan desain inklusif dengan menyematkan aksesibilitas pada inti perangkat keras dan perangkat lunak kami. Kami terus mendorong batas-batas teknologi, dan fitur-fitur baru ini mencerminkan komitmen kami yang telah berlangsung lama untuk memberikan pengalaman terbaik bagi semua pengguna kami.”

“Setiap tahun, kami membuat terobosan baru dalam hal aksesibilitas,” ujar Sarah Herrlinger, direktur senior Kebijakan dan Inisiatif Aksesibilitas Global Apple. “Fitur-fitur baru ini akan memberikan dampak pada kehidupan berbagai macam pengguna, memberikan cara baru untuk berkomunikasi, mengontrol perangkat mereka, dan menjelajahi dunia.”

Didukung oleh kecerdasan buatan, Pelacakan Mata memberi pengguna opsi bawaan untuk menavigasi iPad dan iPhone hanya dengan mata mereka. Dirancang untuk pengguna dengan keterbatasan fisik, Eye Tracking menggunakan kamera yang menghadap ke depan untuk mengatur dan mengkalibrasi dalam hitungan detik, dan dengan pembelajaran mesin di perangkat, semua data yang digunakan untuk mengatur dan mengontrol fitur ini disimpan dengan aman di perangkat, dan tidak dibagikan dengan Apple.

Pelacakan Mata bekerja di seluruh aplikasi iPad OS dan iOS, dan tidak memerlukan perangkat keras atau aksesori tambahan. Dengan Pelacakan Mata, pengguna dapat menavigasi elemen-elemen aplikasi dan menggunakan Dwell Control untuk mengaktifkan setiap elemen, mengakses fungsi tambahan seperti tombol fisik, gesekan, dan gerakan lain hanya dengan mata mereka.

Music Haptics adalah cara baru bagi pengguna yang tuli atau sulit mendengar untuk menikmati musik di iPhone. Dengan mengaktifkan fitur aksesibilitas ini, Taptic Engine di iPhone memainkan ketukan, tekstur, dan getaran halus pada audio musik. Music Haptics bekerja pada jutaan lagu di katalog Apple Music, dan akan tersedia sebagai API bagi para pengembang untuk membuat musik lebih mudah diakses di aplikasi mereka.