Bali Mundur Jadi Tuan Rumah World Beach Games 2023, Ini Alasannya

88
Bali Mundur Jadi Tuan Rumah World Beach Games 2023, Ini Alasannya

Secara mengejutkan Bali mengundurkan diri sebagai tuan rumah World Beach Games 2023. Hal ini pun sangat dikecewakan oleh Association of National Olympic Committees (ANOC).

Bali memilih mundur menjadi tuan rumah World Beach Games 2023, yang tinggal sebulan lagi digelar. Rencananya, World Beach Games 2023 digelar di Bali pada 5-12 Agustus mendatang.

Bali Mundur Jadi Tuan Rumah World Beach Games 2023, Ini Alasannya

Dalam situsnya, Association of National Olympic Committees (ANOC) selaku organisasi yang membawahi Komite Olimpiade dari 206 negara, terkejut atas keputusan mundurnya Bali sebagai tuan rumah. Selain itu, bagi ANOC mustahil untuk mencari tuan rumah baru dengan jarak satu bulan dari tanggal World Beach Games 2023 akan digelar.

“Sangat mengejutkan dan sangat mengecewakan ANOC mengetahui bahwa Komite Olimpiade Indonesia (KOI) telah menarik diri dari komitmennya untuk menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games dan ANOC General Assembly pada Agustus 2023,” bunyi pernyataan ANOC.

“Dengan ajang ini dijadwalkan bakal berlangsung dalam satu bulan ke depan, pemberitahuan terkait keputusannya ini terlalu mepet membuat ANOC tak bisa menemukan altenatif tuan rumah baru sehingga tidak ada pilihan selain membatalkan ajang edisi tahun ini di Bali pada bulan Agustus serta ANOC General Assembly.”

“Mengenai ANOC General Assembly , keputusan akan diambil dalam beberapa minggu mendatang mengenai lokasi dan tanggal baru,” lanjut pernyataan tersebut.

Baca Juga: Tak Masuk Standar FIFA, Rumput JIS Akan Direnovasi untuk Piala Dunia U-17

Mundurnya Bali sebgai tuan rumah diungkap oleh ANOC dikarenakan masalah anggaran yang tidak turun dari pemerintah.

“KOI menyatakan keputusan itu diambil setelah anggaran tidak dikeluarkan oleh pemerintah dan tidak ada waktu lagi untuk menyelenggarakan ajang ini. ANOC sangat kecewa dengan tindakan KOI yang akan membuat atlet dari 100 NOC yang memenuhi syarat tidak dapat memenuhi ambisinya untuk berlaga di ajang ini,” ungkap ANOC.