Buah-buahan yang Bisa Bantu Melawan Dampak Polusi Udara

47
Buah-buahan yang Bisa Bantu Melawan Dampak Polusi Udara

Buah-buahan ternyata bisa melindungi diri dari dampak buruk polusi udara yang kian merajalela di dunia khususnya di Ibu Kota Jakarta, Brava Listeners.

Beberapa studi mengungkapkan bahwa antioksidan yang terkandung dalam beberapa buah-buahan secara signifikan dapat mengurangi dampak berbahaya dari polusi udara pada kebanyakan orang.

Buah-buahan yang Bisa Bantu Melawan Dampak Polusi Udara

Buah-buahan yang direkomendasikan oleh beberapa penelitian untuk melawan dampak berbahaya polusi udara ialah jeruk bali merah muda, semangka, tomat, buah jeruk seperti lemon dan jeruk, serta alpukat.

Beberapa buah-buahan di atas mengandung fitokimia. Fitokimia adalah sekelompok besar senyawa yang diproduksi dan disimpan tanaman di beberapa buah dan sayuran.

Zat seperti antioksidan, flavonoid, fitonutrien, dan jenis fitokimia lainnya dapat memberikan efek besar pada sistem kekebalan tubuh kita dan juga memperkuat sistem otot, peredaran darah, dan sistem lain di dalam tubuh.

Buah-buahan yang Bisa Bantu Melawan Dampak Polusi Udara

Seperti halnya likopen, fitokimia yang terdapat pada buah-buahan seperti anggur merah muda, tomat, cabai merah, dan semangka, dapat meningkatkan kesehatan paru-paru dan jantung secara signifikan.

Antioksidan dalam buah-buahan sendiri bisa membantu menyelamatkan sel dari efek buruk radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang dihasilkan ketika zat seperti partikel udara, asap, beberapa makanan, dan partikel tembakau dipecah di dalam tubuh.

Baca Juga: Cara Awet Muda Ala Pulau Panjang Umur di Jepang

Mengutip Business Insider India, grapefruit merah muda, semangka, tomat, buah jeruk seperti lemon dan jeruk, serta alpukat memiliki kandungan antioksidan dan fitokimia yang tinggi dan baik untuk melawan dampak polusi udara.