Cara Awet Muda Ala Pulau Panjang Umur di Jepang

65
Cara Awet Muda Ala Pulau Panjang Umur di Jepang

Brava Listeners, selain dijuluki sebagai negeri sakura, Jepang juga dikenal memiliki Pulau Panjang Umur alias Pulau Okinawa.

Julukan itu disematkan karena Jepang punya populasi centenarian atau seseorang yang umurnya lebih dari 100 tahun terbanyak di dunia.

Orang-orang centenarian tersebut umumnya berada di Pulau Okinawa dengan tingkat penyakit kanker, diabetes, dan kepikunan yang jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan populasi lansia lainnya.

Kali ini Brava Radio rangkum cara awet muda ala orang di Pulau Panjang Umur Jepang.

Ikigai

Pertama ialah Ikigai, yakni tujuan hidup yang membuat seseorang bersemangat untuk bangun setiap pagi dan memulai hari.

Ikigai menerapkan konsep kebahagiaan dan dalam aktivitas kecil sehari-hari daripada mencapai tujuan akhir yang menjanjikan kebahagiaan. Setiap warga Jepang mempunyai ikigai masing-masing yang mereka terapkan di masa tua.

Berkebun

Cara Awet Muda Ala Pulau Panjang Umur di Jepang

Menariknya, hampir semua centenarian di Okinawa memiliki kebun sendiri di pekarangan rumahnya. Berkebun adalah sumber aktivitas fisik harian yang melatih tubuh dengan berbagai gerakan dan membantu mengurangi stres.

Dukungan sosial

Pulau Okinawa erat kaitannya dengan sosial yang erat antar penduduk. Mempunyai kelompok sosial yang positif bisa membuat seseorang merasa aman dan terhindar dari stress.

Rutin konsumsi makanan antioksidan

Makanan pokok di Okinawa bukanlah nasi, melainkan ubi yang kaya serat. Penduduk Okinawa juga memakan banyak sekali sayuran berwarna kuning dan hijau saban hari, seperti pare, dan berbagai produk olahan kedelai.

Baca Juga: 5 Manfaat Terapi Air untuk Sendi dan Tulang

Tetap aktif sampai tua

Cara Awet Muda Ala Pulau Panjang Umur di Jepang

Di Pulau Panjang Umur, Anda tidak hanya akan melihat lansia yang berusia 90 tahun memanen buah, tetapi juga akan melihat mereka membajak ladang dan bersepeda. Mereka melakukan kebiasaan sederhana untuk menjaga tubuhnya tetap bergerak.