Bugar setelah 40-an? Bisa!

32

Bugar setelah 40-an? Bisa!

Semakin bertambah usia, juga tingkat aktivitas yang cenderung makin padat atau malah lengang, dapat menjadi sebab perubahan bentuk tubuh karena di usia 40-an, biasanya Anda akan mulai menikmati jerih payah Anda, dan malas untuk pergi ke gym atau berolahraga sendiri di rumah.

Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan kembali bentuk tubuh ideal Anda, maka dedikasikan diri Anda, konsisten, serta ikuti 3 nasehat yang kami beberkan berikut:

1. Tingkatkan Mobilitas
Pelatih kekuatan Rachel Cosgrove mengatakan, “kebanyakan pria di atas 40 tahun perlu meningkatkan rentang pergerakannya dan menghindari cedera.

Mulailah dengan melakukan latihan mobilitas seperti squat to stand. Berdiri dengan kuda-kuda kaki sedikit lebih lebar dari bahu, angkat kedua tangan diatas kepala.

Tekuk pinggul Anda untuk jongkok duduk, dan raih lantai di antara kaki. Coba sentuh lantai dengan cara squat atau jongkok, tetapi punggung tetap lurus.

Lalu naikkan satu tangan lurus ke atas kepala, diikuti tangan yang satunya dan berdiri tegak kembali. Ulangi 10-15 kali.

2. Gunakan Berat Badan
Sebelum berlatih di gym, mulai di rumah dengan latihan berat badan sebagai dasar,” ujar Cosgrove, seperti squat to stand, lunges, push-ups, step-ups dan planks. Lakukan 2 atau 3 set, 8-10 repetisi, 3 kali seminggu.

Setelah dua minggu baru boleh pergi ke gym. Lakukan latihan yang sama namun kali ini dengan menggunakan beban. Anda juga bisa menukar push-ups dengan bench press.

3. Latihan Seluruh Tubuh
Lakukan latihan selutuh badan dahulu dengan satu exercise untuk setiap gerakan 2 atau 3 kali seminggu.

Jadi lakukan satu latihan mendorong atau (bench press), satu latihan menarik (rowing), dan satu latihan mengangkat untuk badan-bawah (squat) pada satu hari.

2 atau 3 hari setelah itu, ganti arah, lakukan overhead press dan chin-ups untuk mendorong dan menarik, serta latihan step-ups untuk badan bawah. Bisa saja Anda hanya melakukan 3 exercises itu untuk satu latihan.

Di akhir latihan, ada latihan core, seperti memutar torso ke kiri dan ke kanan dengan memegang medicine ball, satu set awal sebanyak 8-12 repetisi, lalu terus tambahkan.
Source: Fitness For Men

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
Gilarsih Wahyu Setijono: Target PT Pos di tahun 2016
Susi Susanti: Perkembangan bisnis Astec
Manfaat body balance untuk tubuh

Share it